Psikoterapi – Pengertian dan Tipe

Psikoterapi adalah serangkaian teknik penanganan masalah psikologis tanpa obat-obatan. Namun, seringkali psikoterapi digunakan bersamaan dengan obat-obatan untuk mengobati penyakit mental. Selama psikoterapi, seseorang dengan penyakit mental akan berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental yang terlatih dan berlisensi yang akan membantu pasien tersebut mengidentifikasi dan bekerjasama untuk mencari faktor-faktor yang dapat memicu penyakit mental tersebut.

doktersehat-konsultasi-Limfadenopati

Bagaimana cara kerja psikoterapi untuk membantu penyakit mental?
Psikoterapi membantu orang dengan gangguan mental untuk:

  • Memahami tingkah laku, emosi, dan ide-ide yang berkontribusi terhadap penyakit mentalnya dan membantu mempelajari cara untuk memodifikasi hal-hal tersebut
  • Memahami dan mengidentifikasi masalah atau kejadian kehidupan – seperti penyakit berat yang memberatkan mentalnya, kematian dalam keluarga, kehilangan pekerjaan, atau perceraian – yang berkontribusi terhadap penyakit mentalnya dan dapat membantu pasien untuk memahami di mana aspek masalah tersebut untuk dicari solusi/ jalan keluarnya
  • Menumbuhkan kembali rasa untuk mengontrol dan kenyamanan dalam kehidupan
  • Mempelajari teknik untuk menanganai kesehatan dan kemampuan untuk memecahkan masalah

Tipe terapi
Terapi dapat diberikan dalam berbagai macam bentuk, meliputi:

  • Individual: Terapi ini hanya melibatkan pasien dan terapis.
  • Kelompok: Dua atau lebih pasien dapat berpartisipasi dalam terapi pada waktu yang sama. Pasien dapat berbagi pengalaman dan belajar bahwa orang lain merasakan hal yang sama dan telah memiliki pengalaman yang sama.
  • Pasangan: Jenis terapi membantu pasangan dan mitra mengerti mengapa pasangan yang mereka cintai memiliki gangguan mental, perubahan apa dalam komunikasi dan perilaku yang dapat membantu, dan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengatasinya. Jenis terapi ini juga dapat digunakan untuk membantu pasangan yang sedang berjuang dengan aspek hubungan mereka.
  • Keluarga: Karena keluarga adalah bagian penting dari tim yang membantu orang dengan penyakit mental untuk menjadi lebih baik, kadang-kadang memang dibutuhkan bantuan anggota keluarga untuk memahami apa yang terjadi dengan anggota keluarga lainnya yang mereka cintai, bagaimana mereka sendiri dapat mengatasi, dan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu .
Baca Juga: Psikoterapi – Pendekatan Psikodinamik dan Interpersonal

Baca Juga:  Psikoterapi - Pendekatan Perilaku Kognitif dan Perilaku Dialektis