Prostatitis, Radang Kelenjar Prostat

DokterSehat.com – Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat. Belum diketahui pasti apa penyebab prostatitis, namun terkadang kondisi ini disebabkan penyebaran infeksi bakteri dari saluran kemih. Selain itu, prostatitis bisa juga disebabkan infeksi jamur, protozoa, dan virus.



Gejala

Infeksi prostat bisa mengakibatkan nyeri di selangkangan, sekitar penis, anus, dan punggung bagian bawah. Infeksi yang terjadi juga menyebabkan demam dan menggigil.

Penderita menjadi sering berkemih dan mengalami dorongan untuk berkemih, air kemih juga terdapat darah.

Infeksi bakteri dapat menyebar ke skrotum (kantung zakar) sehingga mengalami nyeri yang hebat, kemerahan, pembengkakan, dan sangat nyeri saat disentuh. Akibat nyeri ini, pemderita juga mengalami impotensi.

Diagnosa

Diagnosis akan ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan colok dubur, prostat akan terasa bengkak dan nyeri saat disentuh. Terkadang pemeriksaan juga dilakukan pada air kemih atau cairan prostat.

Pengobatan

Bila bukan disebabkan infeksi, maka gejalanya bisa diringankan dengan:

  • Memijat prostat secara periodik
  • Berendam di air hangat dengan posisi duduk
  • Ejakulasi sesering mungkin

Untuk mengurangi nyeri biasanya pasien diberi obat pereda nyeri, misalnya acetaminofen atau aspirin. Selain itu, dianjurkan pula untuk mengkonsumsi pelunak tinja dan banyak minum untuk membantu mengurangi gejala.

Bila penyebabnya adalah infeksi bakteri, diberikan antibiotik per-oral (melalui mulut) selama 30-90 hari (misalnya trimethoprim-sulfamethoxazole). Bila antibiotik diberikan kurang dari waktu tersebut maka penyembuhan hanya bersifat sementara dan bisa menyebabkan infeksi menahun.