Penyebab Kerontokan Rambut Seusai Melahirkan

DokterSehat.Com – Kehamilan dalam waktu yang lama memang bisa menyebabkan banyak sekali perubahan hormon bagi ibu hamil. Disamping membuat tubuh ibu hamil menjadi semakin membesar karena adanya janin pada rahim, ibu hamil juga bisa mengalami banyak perubahan pada tubuhnya layaknya kecenderungan mudah merasa lelah meskipun tidak banyak melakukan aktifitas. Beberapa ibu hamil bahkan melaporkan jika sesaat setelah melahirkan, kondisi rambutnya pun mengalami perubahan dimana banyak sekali kerontokan yang terjadi. Apakah benar proses kelahiran bisa memicu kerontokan rambut?

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

Fakta Medis dan Penyebabnya
Pakar kesehatan ternyata sudah memiliki istilah tersendiri untuk menyebut kerontokan pada rambut setelah kelahiran. Istilah ini disebut sebagai telogen effluvium atau ET. Kondisi ini sendiri disebabkan oleh perubahan hormon selama masa kehamilan dan juga saat proses kelahiran. Telogen sendiri memang banyak berkaitan dengan kondisi rambut yang rontok dalam jumlah yang sangat banyak, bahkan, kondisi kerontokan ini bisa berlangsung hingga tiga atau enam bulan lamanya setelah proses kelahiran.

Disamping karena masalah perubahan hormon, kondisi telogen effluvium ternyata juga bisa disebabkan oleh kondisi stress atau kelelahan fisik pada ibu hamil saat dalam kondisi kehamilan atau bahkan saat melalui proses kelahiran. Dalam proses kelahiran sendiri, ibu hamil tentu berjuang keras dengan rasa sakit dimana Ia harus memastikan tubuh dalam kondisi yang sehat, hidup, dan sekaligus menjaga kondisi dirinya sendiri agar selamat dalam proses persalinan. Setelah melahirkan, ibu hamil bisa mengalami proses kerontokan rambut dan jika rambut kembali tumbuh, maka rambut baru ini memiliki massa dan berat yang sangat berbeda jika dibandingkan sebelum masa kehamilan dimulai.

Pemulihan Dari Kondisi Rambut Rontok
Rambut yang rontok memang cenderung akan mudah tumbuh kembali, hanya saja, proses ini bisa berjalan lambat karena baru dimulai saat enam bulan atau 12 bulan setelah kelahiran. Jika ibu hamil ingin memastikan rambutnya bisa kembali dengan cepat dan dalam kondisi yang baik, asupan yang dikonsumsi ibu hamil tentu harus dijaga. Air putih yang cukup dan disertai dengan makanan  sehat layaknya sayur, buah, dan konsumsi protein bisa membantu pertumbuhan rambut. Disamping itu, kebersihan dan keamanan rambut juga harus dijaga agar rambut tetap dalam kondisi yang sehat.

Baca Juga:  Ladies, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Terkena Kanker Serviks