Atrial Fibrilasi – Prosedur Medis

Ketika obat tidak bekerja untuk memperbaiki atau mengontrol fibrilasi atrium, atau ketika obat tidak ditoleransi, prosedur tindakan medis mungkin diperlukan, seperti melakukan kardioversi listrik, isolasi ablasi vena pulmoner, kateter ablasi AV dengan alat pacu jantung, atau alat bantu tambahan.

doktersehat-jantung-Prolaps-Katup-Mitral-Valve-Prolapse-mvp

Apakah kardioversi listrik?
Kardioversi listrik adalah prosedur untuk mengembalikan irama jantung yang normal, meskipun efeknya mungkin tidak permanen. Setelah anestesi short-acting diberikan, mesin yang digunakan untuk memberikan kejutan listrik melalui patch elektroda ditempatkan pada dada untuk menyinkronkan detak jantung dan mengembalikan irama normal. Meskipun prosedur ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik, beberapa upaya mungkin diperlukan untuk mengembalikan irama normal. Seorang pasien mungkin perlu diberikan warfarin selama setidaknya tiga minggu sebelum prosedur ini dilakukan. Hal ini mengurangi risiko stroke yang dapat terjadi dengan kardioversi tersebut.

Apakah terapi ablasi itu?
Terapi kateter ablasi adalah pilihan bagi orang-orang yang tidak bisa mentolerir obat atau ketika obat gagal mempertahankan irama jantung normal.

Isolasi vena paru: Selama prosedur ini, kateter khusus dimasukkan ke dalam jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan sinyal fibrilasi atrium berasal dari empat vena pulmonaris saat mereka memasuki atrium kiri.

Sebuah perangkat tampilan khusus yang disebut echokardiografi intrakardial digunakan untuk memvisualisasikan atrium kiri selama prosedur. Satu kateter di atrium kiri yang digunakan untuk memetakan atau mencari impuls yang abnormal yang berasal dari pembuluh darah paru. Kateter lainnya digunakan untuk memberikan energi frekuensi radio untuk menciptakan lesi di luar pembuluh darah paru. Prosedur ini diulang untuk semua empat vena paru.

Lesi sembuh dalam waktu empat sampai delapan minggu dan membentuk bekas luka melingkar di sekitar pembuluh darah paru. Skar luka akan memblok impuls dari vena pulmonaris, sehingga “memutus” jalur dari ritme abnormal dan menyembuhkan fibrilasi atrium.

Baca Juga:  Atrial Fibrilasi - Penegakan Diagnosis dan Pengobatan

Ablasi Nodus AV: Selama prosedur ini, dokter memberikan energi frekuensi radio untuk melukai nodus AV. Hasil akhirnya adalah, denyut jantung yang sangat lambat permanen, karena impuls listrik dari ruang atas jantung tidak dapat melakukan perjalanan ke ruang yang lebih rendah. Oleh karena itu, pasien membutuhkan alat pacu jantung permanen untuk mempertahankan denyut jantung yang memadai.