Prosedur Laser Pemutih Penis Viral di Thailand, Apa Manfaatnya?

laser-pemutih-penis-doktersehat
Photo Credit: Newsweek.com

DokterSehat.Com– Sebuah klinik di Thailand rata-rata lebih banyak digunakan untuk menawarkan operasi kosmetik seperti pembesaran payudara. Namun baru-baru ini postingan di media sosial memperlihatkan prosedur medis yang tidak biasa, yakni mengubah pigmentasi atau warna kulit pada penis.

Sebuah postingan di Facebook yang ditulis oleh seorang karyawan Rumah Sakit Lelux Bangkok, mempertontonkan prosedur tersebut telah dibagikan sebanyak 20.000 kali dan lebih dari 10.000 komentar, kebanyakan tindakan ini membingungkan orang.

Video yang diunggah tersebut menunjukkan seorang pria terbaring di meja klinik, dokter tersebut tampak melakukan prosedur laser dan telah dilihat lebih dari 4 juta kali pada Kamis, 4 Januari 2018, seperti mengutip Newsweek, Jumat (5/1/2017)

“Tidak ada rasa sakit, tidak perlu pemulihan,” tulis Atittayapa Photiya, seorang karyawan klinik yang sebelumnya berhasil memicu percakapan di media sosial tentang prosedur klinik ini, yang disebut Vagina 3D.

Prosedur itu melibatkan penyuntikan lemak pasien sendiri ke mons pubiskulit bagian kelamin, untuk tampilan kulit yang lebih jelas. Sebelumnya Photiya juga memposting tentang prosedur pemutihan laser untuk alat kelamin wanita, meskipun postingan tersebut tidak banyak dibagikan.

Sementara di beberapa bagian standar kecantikan dunia mendorong orang untuk memiliki tampilan kecokelatan, di negara lain seperti Thailand trennya adalah membuat kulit seseorang terlihat lebih putih, baik melalui prosedur laser maupun produk kulit.

Rumah Sakit Lelux di Bangkok mulai menawarkan prosedur pemutihan penis enam bulan yang lalu setelah salah satu kliennya mengeluhkan pigmentasi gelap pada selangkangannya. Sejak itu telah dilakukan prosedur pada puluhan pasien.

“Hari ini banyak orang yang menanyakannya. Kami mendapatkan sekitar 100 klien sebulan, tiga sampai empat klien sehari. Kebanyakan klien berusia antara 22 dan 55 tahun,” tutur Bunthita Wattanasiri, seorang manajer departemen Skin and Laser di Lelux Hospital.

Prosedur ini dilakukan selama beberapa sesi, masing-masing berharga sekitar $155 atau $ 650 untuk lima sesi.

“Kami menggunakan peralatan laser pigmentasi yang sama yang digunakan pada perawatan kulit lainnya. Semua peralatan tersebut mendapat sertifikasi oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand,”kata Popol Tansakul, manajer pemasaran Lelux.

Menurutnya, prosedurnya sangat populer, klien perlu memesan setidaknya satu minggu sebelumnya. Sejauh ini tidak ada yang melaporkan masalah. Namun, pihak berwenang di Thailand telah menyatakan keprihatinannya.

Menurut Wakil Direktur Jenderal Departemen Dukungan Pelayanan Kesehatan Tahailand, kulit bagian kelamin sensitif. Layanan laser semacam itu dapat menyebabkan iritasi, alergi dan pembengkakan.

Tindakan medis memutihkan kulit penis, sejauh ini baru ada di Thailand. Anda berminat melakukan perawatan semacam ini?