Spondilosis- Prosedur Invasif Minimal, Komplikasi, Prognosis, dan Pencegahan

Berikut adalah prosedur invasif minimal dan suntikan efektif untuk pengobatan spondilosis.

doktersehat-wanita-sakit-tulang

Steroid (kortison) dapat disuntikkan ke dalam ruang epidural (ruang di sekitar sumsum tulang belakang). Ini umumnya dikenal sebagai injeksi epidural. Steroid juga bisa disuntikkan ke dalam sendi faset yang menghubungkan vertebra, titik pemicu di jaringan lunak, atau langsung ke spasium diskus intervertebralis. Prosedur ini mungkin memiliki peran dalam menangani nyeri akut, terutama nyeri radikular, yang menyebar ke tungkai dan kaki

Prosedur lain untuk nyeri punggung dan leher meliputi injeksi intradiskal (suntikan kortison langsung ke diskus intervertebralis), suntikan steroid, anestesi, atau keduanya, injeksi steroid sendi facet, injeksi steroid ke dalam sendi sakroiliak, injeksi steroid ke otot piriformis untuk Sindrom piriformis, dan denervasi radiofrekuensi (penghancuran saraf menggunakan arus frekuensi radio).

Tindak lanjut spondilosis
Dokter Anda dapat menjadwalkan janji tindak lanjut untuk memantau respons Anda terhadap pengobatan. Pencitraan tindak lanjut rutin, seperti sinar-X, CT-scan, atau MRI, biasanya tidak perlu dilakukan. Pengecualiannya adalah perubahan gejala yang dapat mengubah terapi, seperti onset skiatika baru atau nyeri onset baru yang menyebar ke satu sisi.

Apakah komplikasi spondilosis?
Komplikasi utama spondilosis adalah nyeri punggung bawah, nyeri punggung tengah dan atas, atau nyeri leher. Biasanya nyeri punggung dan leher akibat spondilosis tidak serius, namun beberapa orang mengalami sakit kronis akibat kondisinya. Spondilosis dapat menyebabkan disfungsi neurologis serius akibat kompresi saraf, namun jarang terjadi. Seiring waktu, perubahan degeneratif spondilosis dapat menyebabkan stenosis spinal, dimana kanal tulang belakang menjadi sempit, dan sumsum tulang belakang bisa terjepit. Oleh karena itu, stenosis spinal di leher atau punggung bawah bisa menjadi komplikasi spondilosis. Sindrom Cauda equina, sindrom dimana saraf di bagian bawah sumsum tulang belakang tertekan oleh diskus intervertebralis atau massa, merupakan komplikasi spondilosis yang jarang yang dapat menyebabkan masalah saraf yang berat.

Baca Juga:  Spondilosis - Ulasan Singkat

Apakah kemungkinan pencegahan spondilosis?
Spondilosis adalah proses degeneratif, dan tidak ada metode yang diketahui untuk mencegah proses patologis degeneratif. Namun, beberapa tindakan mungkin membantu mencegah rasa sakit leher dan punggung yang disebabkan oleh spondilosis.

Apa itu prognosis spondilosis?
Umumnya, prognosis spondilosis baik. Banyak orang dengan spondilosis tidak memiliki gejala apapun. Dari mereka yang mengalami nyeri punggung atau leher akibat spondilosis, nyeri membaik dalam beberapa minggu setelah timbulnya gejala. Hanya sedikit orang yang mengalami nyeri kronis akibat spondilosis.