Multiple Sclerosis – Prognosis, Relaps, Remisi, dan Komplikasi

Multiple-Sclerosis-doktersehat

Progersivitas keparahan MS dan prognosis MS seseorang tidak dapat diprediksi pada tahap awal dengan akurasi yang tinggi. Orang dengan multiple sclerosis disarankan pada tahap awal untuk mencoba menjalani kehidupan normal, sering berolahraga, dan mengikuti diet sehat. Namun, tidak ada diet khusus yang berdampak buruk terhadap penyakit MS. Jika Anda memiliki MS, pantau gejala yang muncul selama olahraga dan saat kelelahan sehingga tubuh dapat menyesuaikan diri ketika terjadi kekambuhan (relaps).

Relaps, Remisi, dan Komplikasi

  • Kebanyakan orang dengan relaps dan remisi MS akhirnya akan membutuhkan bantuan untuk berjalan dalam 15-20 tahun. Penyakit ini cenderung menjadi progresif, dan banyak dari orang-orang ini pada akhirnya akan membutuhkan tongkat, walker, skuter, atau kursi roda untuk menghadapi kecacatan yang disebabkan oleh penyakit. Beberapa memilih untuk menggunakan skuter sejak dini untuk membantu menghemat energi mereka.
  • Sebagian kecil orang dengan MS memiliki bentuk penyakit yang sangat ringan dengan sedikit atau tidak ada kecacatan dan sedikit gejala, meskipun pada banyak kasus, penyakit ini dapat berkembang menjadi bentuk yang lebih moderat dalam 25 tahun. Meskipun orang-orang ini tampaknya memiliki sedikit defisit neurologis, pemeriksaan neurologis rinci di beberapa dapat mengungkapkan gangguan kognitif yang substansial.
  • Sebagian besar orang mengalami MS yang hilang-timbul (RRMS), dengan gejala neurologis intermiten yang biasanya berlangsung beberapa minggu. Setelah bertahun-tahun kambuh, pasien MS beralih ke bentuk progresif terus-menerus dari penyakit yang dikenal sebagai MS sekunder-progresif (SPMS).
  • Beberapa orang dengan MS memiliki bentuk penyakit MS progresif-relaps dari awal, dan tidak kembali ke keadaan normal mereka setelah relaps. Individu-individu ini dapat mengalami kecacatan dan terus bertambah seiring dengan dan di antara setiap serangan.
  • Persentase yang lebih rendah adalah orang yang memiliki bentuk MS progresif, disebut MS progresif primer (PPMS) di mana masalah dengan kemajuan sistem saraf setiap tahun meskipun tidak ada eksaserbasi yang jelas.
  • Hindari paparan panas yang berlebihan karena dapat memperburuk gejala MS yang laten, seperti pandangan kabur, kesemutan, dan mati rasa, atau kelelahan.
Multiple Sclerosis – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik