Kanker Otak – Prognosis, Harapan Hidup, dan Kelompok Dukungan Kanker Otak

Faktor utama yang mempengaruhi kelangsungan hidup kanker otak adalah berkaitan dengan hal berikut: jenis kanker, lokasinya, apakah dapat diangkat atau dikurangi jaringan tumornya dengan jalan operasi, serta usia dan status kesehatan pasien.

doktersehat-otak-xray-mri-infeksi-parkinson

Tingkat kelangsungan hidup jangka panjang (harapan hidup lebih dari lima tahun) untuk orang dengan kanker otak primer bervariasi. Pada kasus kanker otak agresif atau high-grade, angka harapan hidup ini sekit 10%-32%, meskipun dilakukan operasi bedah, radiasi, dan kemoterapi agresif.

Perawatan memperpanjang kelangsungan hidup jangka pendek dan, mungkin yang lebih penting, meningkatkan kualitas hidup untuk beberapa lama, meskipun periode waktu ini dapat sangat bervariasi.

Radiasi setelah operasi dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien yang diharapkan dibandingkan dengan tidak menerima sama sekali. Kemoterapi dapat memperpanjang umur untuk beberapa pasien bila diberikan selama dan/ atau setelah terapi radiasi.

Orang-orang yang kejang terus-menerus yang sulit dikendalikan meskipun dengan pengobatan umumnya kurang baik selama enam bulan berikutnya.

Terlepas dari peluang kelangsungan hidup jangka panjang yang tampaknya suram, peluang ini jelas lebih besar dengan pengobatan daripada tanpa pengobatan. Pilihan pengobatan dan prediksi terbaik diperkirakan harus didiskusikan dengan tim kanker pasien

Kelompok dukungan, informasi, dan konseling kanker otak
Hidup dengan kanker menghadirkan banyak tantangan baru bagi pasien dan keluarga serta teman mereka.

  • Pasien memiliki banyak kekhawatiran tentang bagaimana kanker akan mempengaruhi mereka dan kemampuan mereka untuk “menjalani kehidupan normal,” yaitu merawat keluarga dan rumah, memegang pekerjaan, dan melanjutkan kehidupan dan aktivitas sosial.
  • Banyak orang merasa cemas dan depresi. Beberapa orang merasa marah dan kecewa. Yang lain merasa tidak berdaya dan kalah.

Bagi kebanyakan orang dengan kanker, berbicara tentang perasaan dan kekhawatiran mereka membantu.

  • Teman dan anggota keluarga bisa sangat mendukung. Mereka mungkin ragu untuk menawarkan dukungan sampai mereka melihat bagaimana orang tersebut mengatasi penyakit ini. Jika pasien ingin membicarakan kekhawatiran mereka, pasien harus didorong untuk melakukannya dengan teman dan keluarga mereka.
  • Beberapa orang tidak ingin “membebani” orang yang mereka cintai atau mereka lebih suka membicarakan masalah mereka dengan profesional yang lebih netral. Seorang pekerja sosial, konselor, atau anggota komunitas kanker dapat membantu jika pasien ingin mendiskusikan perasaan dan kekhawatiran mereka tentang kanker. Ahli onkologi pasien harus bisa merekomendasikan seseorang.
Baca Juga:  Kanker Otak - Kemoterapi dan Uji Klinis Pasien Kanker

Banyak penderita kanker sangat terbantu dengan berbicara dengan orang lain yang menderita kanker. Berbagi keprihatinan dengan orang lain yang telah melalui hal yang sama bisa sangat meyakinkan. Ikut terlibat dalam komunitas kelompok penderita kanker mungkin tersedia melalui pusat medis di mana Anda menerima perawatan Anda.

Sagittal (side view) section through the brain of a young girl. The white arrow shows a brain tumor that involves the brainstem.

Gambar 1. Potongan sagital kanker otak pada seorang gadis. Bagian yang ditunjukkan tanda panah adalah kanker pada batang otak.

Cross-section of a brain tumor in a young girl. The white arrow shows the white-appearing mass (tumor).

Gambar 2. Potongan melintang pada otak seorang gadis. Bagian yang ditunjukkan tanda panah, yang memiliki warna kontras putih adalah bagian kanker otak.