Produk Pencerah Kulit dan Pemutih Ternyata Berbeda

DokterSehat.Com – Salah satu produk perawatan kulit yang cukup banyak diminati oleh kaum hawa adalah produk pemutih atau pencerah kulit. Dengan menggunakan produk ini, diharapkan kulit akan menjadi lebih cerah, cantik, dan bercahaya sehingga tentu bisa berimbas positif pada kepercayaan diri kaum hawa. Tak disangka, produk pencerah kulit dan pemutih ternyata adalah produk yang berbeda. Apa beda dari kedua jenis produk perawatan kulit ini?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Pakar kecantikan menyebutkan bahwa meskipun kebanyakan masyarakat tanah air memiliki warna kulit kuning langsa atau sawo matang, kebanyakan kaum hawa ingin memiliki warna kulit yang lebih putih. Karena keinginan inilah mereka akhirnya menggunakan produk pemutih kulit dengan harapan bisa membuat kulitnya menjadi lebih putih. Sayangnya, karena produk ini memiliki kemampuan mengubah pigmen warna kulit menjadi lebih putih, maka ada resiko dari penggunaan produk pemutih, khususnya yang didapatkan tanpa menggunakan rekomendasi dokter. Jika kita menggunakannya, dikhawatirkan kulit akan mengalami kerusakan atau bahkan meningkatkan resiko kanker kulit.

Berbeda dengan produk pemutih, kemampuan produk pencerah kulit ternyata berupa mengembalikan warna kulit yang sebelumnya kusam dan cenderung gelap menjadi warna kulit aslinya. Sebagai contoh, banyak dari kita yang terlahir dengan warna kulit yang sebenarnya cerah. Namun, karena paparan polusi, sinar matahari, dan lain sebagainya, warna kulit justru menjadi lebih gelap saat kita sudah dewasa. Dengan menggunakan produk pencerah kulit ini, maka sel-sel kulit mati akan bisa segera dikelupaskan dan diganti dengan sel-sel kulit yang baru yang sesuai dengan warna kulit asli kita yang lebih cerah.

Dengan mengetahui perbedaan dari kedua produk ini, kini kita bisa memilih produk perawatan kulit apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Hanya saja, pastikan bahwa produk ini aman untuk digunakan dan tidak memicu masalah kesehatan atau alergi pada kulit kita.