Produk Make-Up Juga Memiliki Masa Kadaluwarsa, Lho

DokterSehat.Com – Kadangkala kita melihat promosi dari produk make-up yang membuat harga produk ini turun dengan drastis. Melihat adanya hal ini, kita pun akan cenderung membelinya dengan jumlah yang banyak dengan pikiran, di masa depan produk make-up ini akan digunakan sehingga kita tentu akan menghemat banyak uang. Tahukah anda, produk make-up ternyata memiliki masa kadaluwarsa layaknya produk makanan. Hal ini berarti, jika kita menyimpan produk make-up terlalu lama, bisa jadi bahan kimia pembentuk produk make-up kita akan berubah menjadi berbahaya bagi kesehatan kulit. Telah banyak kasus dimana wanita mengalami infeksi karena menggunakan produk make-up yang telah kadaluwarsa. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada anda bukan?

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Produk make-up yang harus kita waspadai masa kadaluwarsanya adalah bedak. Pakar kecantikan sendiri menyebutkan jika bedak sebaiknya digunakan hingga dua tahun saja. Jika bedak mengalami perubahan warna atau bau dengan lebih cepat, maka bedak sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Alas bedak berbentuk cair juga sebaiknya hanya dipakai paling lama setahun saja, apalagi jika kita cenderung memiliki kulit yang sensitif dan mudah berjerawat. Kita harus mencermati jika alas bedak mulai terlihat lebih kental dan tidak bisa diusap secara merata apda wajah karena bisa jadi alas bedak ini telah terkena bakteri yang bisa menimbulkan infeksi.

Produk make-up lainnya yang harus diwaspadai masa kadaluwarsanya adalah blush-on dan juga eye-shadow. Durasi maksimal penggunaan kedua produk ini adalah sekitar satu hingga dua tahun lamanya. Untuk maskara atau eyelener yang berbentuk cair, produk ini memiliki masa kadaluwarsa yang cenderung singkat, yakni maksimal hanya 3-4 bulan saja dan setelah batas waktu ini terlewati, produk ini cenderung terlihat lebih lengket dan make-up yang dihasilkan tidak lagi maksimal. Sementara itu, untuk produk make-up bagi bibir layaknya lipstik, lip-gloss, hingga lip-liner sebaiknya digunakan hingga masa dua tahun saja.

Baca Juga:  Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Beberapa produk make-up yang terbuat dari bahan alami juga memiliki masa edar yang cenderung singkat. Memang, jika kita memakaikannya pada kulit, resiko terkena masalah kulit akan cenderung minimun. Namun, produk make-up alami yang sudah melewati masa kadaluwarsa akan cenderung mudah hancur dan tidak bisa lagi membaur dengan kulit.

Dengan adanya fakta-fakta ini, kita tentu harus lebih berhati-hati dan memperhatikan seberapa lama produk make-up kita sudah dipakai. Jika kita tetap nekat menggunakan produk make-up kadaluwarsa, alih-alih terlihat cantik, kita justru beresiko terkena iritasi atau masalah kulit lainnya.