Pria yang Tidur Terlalu Lama Beresiko Tinggi Terkena Kanker

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika kurang tidur memang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hanya saja, andai kita juga terlalu banyak tidur, kita juga akan mengalami masalah yang sama. Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Annals of Medicine bahkan menyebutkan jika andai seorang pria tidur terlalu lama, yakni berkisar lebih dari 10 jam, maka Ia memiliki resiko tinggi untuk terkena kanker jika dibandingkan dengan pria yang tidur dengan waktu yang normal. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Huazhong University of Science and Technology di Tiongkok ini melibatkan setidaknya 26 ribu pria dengan usia setengah baya hingga lebih tua. Semua pria ini diketahui sedang bekerja atau sedang memasuki masa pensiun di Dongfeng Motor Corporation. Banyak dari para pria ini yang bekerja dengan sistem shift malam yang membuat mereka memiliki resiko terkena kanker 27 persen lebih besar dari mereka yang bekerja pada jam normal di siang hari.

Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak pria yang bekerja shift malam ini mengalami masalah kurang tidur dimana rata-rata waktu tidur mereka kurang dari 6 jam setiap hari. Mereka juga mengalami gangguan siklus alami pada tubuhnya sehingga akan membuat sistem kekebalan tubuhnya menurun dengan drastis dan kanker pun akan dengan mudah menyerang.

Hanya saja, pakar kesehatan juga meneliti para pria yang memiliki kecenderungan untuk tidur lebih dari 10 jam dalam sehari dan menyebutkan jika pria-pria ini justru memiliki resiko lebih besar, yakni 43 persen untuk terkena kanker dan dua kali lebih beresiko untuk meninggal akibat dari terkena penyakit berbahaya. Bahkan, resiko ini akan meningkat tajam andai pria cenderung tidur dalam waktu yang lama sekaligus melakukan sering  bekerja shift malam.

Baca Juga:  Preeklamsia Kehamilan Bisa Dicegah Dengan Konsumsi Cokelat

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya pria memang menjaga waktu tidurnya secara normal setiap hari demi mencegah munculnya penyakit berbahaya layaknya kanker.