Pria yang Malas Merawat Giginya Beresiko Terkena Disfungsi Ereksi

DokterSehat.Com – Banyak orang yang masih malas untuk merawat kesehatan giginya, khususnya kaum pria. Padahal, ada resiko kesehatan yang sangat besar jika kita sering melakukan hal ini. Sebuah penelitian di Taiwan bahkan menunjukkan fakta mengejutkan dimana pria yang cenderung malas merawat kesehatan giginya bisa mengalami masalah disfungsi ereksi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-malas-sikat-gigi-disfungsi-ereksi

Dari penelitian yang hasilnya dirilis oleh Womenshealthmag ini, diketahui bahwa 79 persen dari pria yang mengalami masalah disfungsi ereksi, ada kecenderungan mereka juga terkena masalah kesehatan gigi yang disebut sebagai periodontal kronis. Periodontal kronis sendiri adalah sebuah kondisi dimana pada gigi dan gusi terjadi infeksi karena gusi tidak lagi menopang gigi secara keseluruhan. Karena ada jeda antara gigi dan gusi, maka bakteri pun dengan mudah menyerang area gigi dan tulang di sekitarnya dan menyebabkan infeksi atau peradangan yang cukup parah. Yang banyak orang tidak sadari adalah, peradangan ini bisa berlangsung dengan sangat kronis dan pada akhirnya merusak sel-sel endotel pada gusi dan bisa memicu pengerasan plak pada pembuluh darah, khususnya yang menuju organ vital pria. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kunci ereksi pada organ vital pria adalah kelancaran aliran darah. Jika aliran darah ini terganggu, otomatis organ vital pria kesulitan mengeras.

Unruk mengatasi hal ini, pakar kesehatan gigi Sally Cram dari American Dental Association menyarankan pria untuk rutin menjaga kebersihan giginya dan segera berkonsultasi ke dokter gigi begitu menemukan masalah pembengkakan pada gusi, gusi yang berdarah, atau gigi longgar dan bau mulut yang parah. Jika diperlukan, pencabutan gigi bisa mengatasi peradangan dan menurunkan resiko terkena disfungsi ereksi. Sebagai pencegahan, pria sebaiknya rutin membersihkan gigi setiap hari, khususnya setelah makan dan sebelum tidur dengan durasi dan teknik yang benar.