Pria Ternyata Rentan Terkena Penyakit Kanker Berikut

DokterSehat.Com – Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Bagaimana tidak, selain mematikan, pengidap kanker juga bisa sangat menderita karenanya. Menurut pakar kesehatan, pria cenderung lebih rentan untuk terkena kanker jika dibandingkan dengan wanita. Apa sajakah kanker yang sangat mudah menyerang kaum pria? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-konsultasi-Limfadenopati

Kanker prostat
Kanker pertama yang tentu saja akan mudah menyerang kaum pria adalah kanker prostat. Tahukah anda jika kanker prostat adalah pembunuh terbesar nomor 2 di dunia setelah kanker paru-paru? Data dari American Cancer Society bahkan menyebutkan jika satu dari tujuh pria di Amerika menderita penyakit ini. Kanker prostat sendiri adalah kondisi dimana sel pada kelenjar prostat tumbuh tak terkendali. Pria bisa mencegah datangnya kanker ini dengan menjaga pola makan yang sehat, menjaga berat badannya tetap ideal, dan tidak menyentuh rokok.

Kanker kandung kemih
Pria dengan usia lebih dari 55 tahun sangat rentan terkena kanker kandung kemih. Sel kanker bisa menyebar pada bagian dalam dinding otot-otot kandung kemih, kelenjar getah bening, dan bahkan ginjal. Untuk menghindarinya, ada baiknya pria menghindari paparan asap rokok, bahan kimia berbahaya, banyak minum, dan banyak mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan.

Kanker paru-paru
Kanker paru-paru juga cukup sering ditemui pada kaum pria. Bagaimana tidak, satu dari 14 pria di dunia biasanya memiliki kanker ini. Tingginya angka kaum pria yang menderita kanker paru-paru disinyalir karena banyaknya perokok dari kaum pria. Namun, ada juga pria yang tidak merokok yang bisa terkena kanker ini karena di dalam paru-parunya terjadi pertumbuhan sel yang abnormal dan tak terkendali. Untuk menghindarinya, ada baiknya pria tidak menjadi perokok dan sebisa mungkin menghindari paparan asap rokok.

Baca Juga:  Bakteri di Dalam Usus Ternyata Mempengaruhi Berat Badan

Kanker usus besar
Kanker ini memiliki nama lain kanker kolorektal. Biasanya, kanker ini akan terjadi bersamaan dengan munculnya kanker rectum. Untuk menghindari penyakit ini, pria sebaiknya menghindari konsumsi alcohol dan berolahraga secara teratur.

Kanker melanoma
Salah satu jenis kanker kulit ini ternyata sangat mematikan dan bisa menyerang mereka yang sudah berusia lebih dari 63 tahun. Pria sebaiknya mulai menghindari sengatan sinar matahari dalam waktu lama, khususnya di siang hari untuk mencegah penyakit ini. Namun, jika pria bekerja di lapangan, ada baiknya mulai memakai tabir surya pada kulit yang terkena sinar matahari.