Pria Ternyata Lebih Mudah Pikun Jika Dibandingkan Dengan Wanita

DokterSehat.Com – Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Professor Jostein Holmen yang berasal dari Norwegian University of Science & Technology, diketahui sebuah fakta unik dimana pria memang cenderung lebih mudah pikun jika dibandingkan dengan kaum wanita. Bahkan, jika kita berpikir jika pikun pada pria hanya akan terjadi saat usia pria sudah lanjut, ternyata hal ini salah. Menurut Professor Holmen, semenjak pria mulai menyentuh usia 30an, maka mereka pun bisa saja melupakan banyak hal-hal sepele layaknya hari ulang tahun pasangan atau bahkan hari pernikahan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-konsultasi-orangtua-parkinson

Professor Holmen mengumpulkan setidaknya data ditanyakan pada 48.000 partisipan dimana mereka diminta menjawab beberapa pertanyaan yang sebelumnya sudah diberitahu sebelumnya. Yang menarik adalah, responden pria akan cenderung kesulitan menjawab setidaknya delapan dari sembilan pertanyaan yang diajukan, khususnya yang berhubungan dengan nama atau tanggal yang harus diingat. Hal ini sangat berbeda dengan hasil yang ditunjukkan oleh kaum hawa yang cenderung memiliki daya ingat lebih baik.

Menurut Professor Holmen, ada beberapa hal yang memicu kecenderungan pria untuk menjadi lebih mudah pikun. Namun, dari peneltiian ini, ditemukan fakta bahwa pria dengan pendidikan tinggi akan cenderung memiliki resiko terkena pikun dengan lebih kecil. Namun, jika seorang pria cenderung sering merasa cemas atau bahkan mengalami depresi parah, maka Ia pun akan cenderung lebih mudah menjadi pelupa. Padahal, banyak pria yang merasa bertanggung jawab penuh pada keluarganya akan berpikir keras dan cenderung mudah cemas jika Ia masih belum mapan dan mendapatkan pendapatan yang Ia inginkan.

Sayangnya, Professor Holmen masih belum bisa menemukan penjelasan mengapa banyak pria dengan usia muda juga sudah pikun, khususnya yang berkaitan dengan nama dan tanggal. Ia pun berpikir untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini untuk mengetahui apakah ada kaitan pikun pada pria di usia muda dengan gejala demensia di usia tua.