Pria Ternyata Cenderung Lebih Malas Mengganti Sikat Gigi Dibandingkan Dengan Wanita

DokterSehat.Com – Sebuah klinik kesehatan gigi terkemuka yang berasal dari kota Manchester, Inggris, bernama Carisbrook Dental baru-baru ini melakukan sebuah survei yang cukup menarik. Survei yang melibatkan seribu partisipan yang menjadi pasien klinik ini dilakukan untuk mengetahui seberapa sering mereka mengganti sikat giginya. Hasil dari survei ini ternyata cukup menarik dimana kaum pria ternyata cenderung lebih malas mengganti sikat gigi jika dibandingkan dengan kaum wanita. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sikat-gigi-sehat-mouthwash

Pakar kesehatan yang merupakan pemilik dari klinik ini, dr. Tariq Idrees, menyebutkan jika hasil survei ini menunjukkan bahwa kebanyakan kaum pria menggunakan sikat gigi dua kali lebih lama jika dibandingkan dengan wanita. Rata-rata, pria akan mengganti sikat gigi yang digunakannya setiap 92 hari atau sekitar 3 bulan. Sementara itu, wanita rata-rata mengganti sikat giginya setelah 185 hari atau sekitar enam bulan!

Dr. Idrees menyebutkan jika kaum wanita sudah melakukan hal yang direkomendasikan pakar kesehatan gigi, yakni mengganti sikat giginya setelah digunakan selama tiga bulan. Hal ini memang diyakini akan cukup efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menurut beliau, kebiasaan kaum pria yang cenderung mengganti sikat giginya jauh lebih lama kerap akan membuat mereka lebih beresiko mengalami masalah gigi dan gusi.

Dr. Idrees juga mengungkapkan alasan kaum pria yang cenderung malas mengganti sikat giginya setelah durasi tiga bulan. Kebanyakan dari mereka berpikir jika tiga bulan adalah waktu yang terlalu singkat untuk mengganti sikat gigi dan mereka lebih mempertimbangkan bentuk sikat gigi yang biasanya memang masih baik saat berumur tiga bulan. Namun, menurut dr. Idrees, meskipun rupa sikat gigi masih sempurna, kita harus mempertimbangkan banyaknya paparan virus, bakteri, hingga kuman pada sikat gigi setiap harinya yang tentu bisa memicu masalah kesehatan gigi dan gusi yang cukup serius.

Baca Juga:  Kencing Berjongkok Lebih Menyehatkan Pria

Agar sikat gigi bisa terbebas dari masalah kuman, dr. Idrees menyarankan kita untuk rutin membersihkannya setiap hari dan merendamnya pada obat kumur setidaknya selama satu jam.