Pria Sulung Miliki Resiko Kanker Payudara lebih Tinggi

DokterSehat.Com – Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang menyerang bagian jaringan payudara, kanker payudara ini terjadi karena pertumbuhan sel dalam jaringan payudara tumbuh secara tidak normal, cepat, dan ganas.



Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pria sulung, atau pria kelahiran pertama, memiliki resiko terkena kanker payudara lebih tinggi dari pria kelahiran kedua dan seterusnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Yunani menyebutkan beberapa fakta mengenai kanker payudara, orgasme, dan pria kelahiran sulung. Salah satu hasil dari penelitian tersebut adalah prediksi bahwa pria kelahiran pertama cenderung memiliki resiko tertinggi kanker payudara.

Hal ini berkaitan dengan produksi hormon estrogen pada ibu pada saat kehamilan pertama. Pada kehamilan pertama, tubuh ibu memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang tinggi. Oleh sebab itu, hormon tersebut juga banyak diberikan pada bayi tersebut.

Seperti yang telah banyak diketahui, estrogen merupakan salah satu penyebab perkembangnya kanker payudara. Estrogen merupakan bahan bakar sel kanker payudara untuk berkembang.

Itulah alasan mengapa setiap perempuan memiliki resiko kanker payudara sebanay 12-13%, dan berkembang setiap tahunnya. Hal itu juga melatar belakangi peluang munculnya kanker payudara pada pria, karena pria juga memproduksi estrogen walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit.

Ditambah dengan eksposur yang diperoleh dari tubuh ibu pada kehamilan pertama, maka pria sulung memiliki resiko mengidap kanker payudara lebih tinggi dari pria kelahiran kedua dan selanjutnya. Sayangnya, isu tersebut tidak banyak diketahui oleh pria. Anggapan bahwa pria tidak memiliki jaringan susu membuat pria mengacuhkan fakta tersebut.

Padahal, diperkirakan sebanyak 100 dari 250 pria penderita kanker payudara di Amerika Serikat meninggal dunia setiap tahunnya akibat kanker payudara.