Pria Ini Adalah Satu-Satunya Manusia yang Sembuh dari HIV

timothy_ray_brown_HIV_AIDS_doktersehat_1
Photo Source: Twitter/twitter.com/Immunopaedia

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit paling mengerikan yang menyerang umat manusia adalah HIV/AIDS. Penyakit yang bisa menular ini hingga saat ini belum ada obatnya, namun ada satu orang yang bisa sembuh dari penyakit ini, pria ini adalah Timothy Ray Brown dan mendapatkan julukan The Berlin Patient.

Dilansir dari IFL Science, hingga saat ini, Timothy adalah satu-satunya orang yang bisa sembuh dari penyakit ini dalam sejarah. Ia mendapatkan kesembuhannya pada 2007 lalu setelah didiagnosis terkena penyakit ini pada 1995 lalu.

Selama masa pengobatan yang berlangsung lebih dari 11 tahun, Timothy telah berkali-kali mengonsumsi berbagai jenis obat termasuk obat anti HIV dan menjalani antiretroviral therapy atau ART. Tak hanya HIV/AIDS, ia bahkan didiagnosis terkena leukemia atau kanker darah yang membuatnya juga harus menjalani kemoterapi.

Dokter kemudian mencoba pengobatan lain bagi Timothy, yakni dengan melakukan transplantasi sumsum tulang belakang. Kanker yang dideritanya pun kemudian bisa disembuhkan, namun dokter kemudian menemukan sebuah fakta mengejutkan, yakni virus HIV pada darah Timothy juga ikut-ikutan menghilang.

Dokter menduga bahwa donor sumsum tulang belakang yang didapatkan Timothy berasal dari orang dengan mutasi genetik langka yang mampu membuat virus HIV memasuki sel darah putih. Selain itu, sistem imun tubuh milik Timothy diduga telah rusak akibat paparan radiasi kemoterapi. Hal ini ternyata ikut berdampak pada matinya seluruh sel tubuh yang sebelumnya terinfeksi HIV. Dokter juga menduga bahwa sel yang ditransplantasikan pada tubuh Brown ikut membantu pemusnahan sel yang sudah terinfeksi HIV.

Hingga saat ini, Timothy masih dilibatkan dalam penelitian yang ditujukan untuk mencari obat bagi penyakit ini. Diharapkan, akan ditemukan obat bagi penderita HIV lainnya di seluruh dunia.