Pria Sebaiknya Mulai Mencukur Bulu Ketiaknya

DokterSehat.Com – Tidak seperti kaum wanita yang biasanya cukup sering mencukur bulu ketiak demi alasan kecantikan, kaum pria akan cenderung membiarkan bulu ketiaknya tumbuh hingga lebat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari 4.000 pria, ditemukan fakta jika hanya 16 persen pria yang mencukur bulu ketiaknya. Sementara itu, 52 persen pria merapikan bulu ketiaknya dengan alasan agar mendapatkan rasa percaya diri karena penampilannya akan jauh lebih baik. Namun, setidaknya 1 hingga 10 pria tidak mencukur bulu ketiaknya sama sekali seumur hidupnya. Kaum pria sebaiknya mulai berpikir ulang akan keengganannya mencukur bulu ketiak. Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak wanita yang berpikir jika bulu ketiak ternyata dianggap menjijikkan dan berpotensi membuat produksi bau badan meningkat tajam.

doktersehat-pria-deodoran-semprot-spray

Pakar kesehatan dari Harvard University, Daniel Lieberman, Ph.D, berkata jika ada baiknya kini memang pria mencukur bulu ketiaknya demi alasan penampilan dan juga pengendalian bau badan. Namun, memotong bulu ketiak pada pria juga harus memperhatikan beberapa hal agar area ketiak tidak mengalami iritasi atau luka-luka.

Menurut Lieberman, pria sebaiknya tetap menjaga bulu ketiaknya tetap dalam kondisi pendek dan lurus. Menurut beliau, ukuran bulu ketiak yang ideal bagi pria adalah sekitar satu inchi atau bahkan akan lebih baik jika tidak mencapai satu inchi untuk menghindari gatal-gatal berlebihan pada ketiak. Bagi beberapa pria yang memiliki bulu ketiak yang cenderung keriting, ada baiknya bulu ketiak ini dicukur hingga habis saja. Namun, ingatlah bahwa mencukur bulu ketiak ada baiknya dilakukan saat kondisinya basah karena jika bulu ketiak dipotong saat kering, dikhawatirkan bulu ketiak akan mudah tertarik dan membuat kulit ketiak teriritasi saat pemotongannya. Dengan bulu yang basah, maka bulu ketiak akan terasa lebih lembut dan lebih mudah dipotong.

Baca Juga:  Ada Baiknya Pria Tidak Melakukan Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Spermanya

Setelah dipotong, jangan langsung berikan deodoran karena hal ini bisa memicu iritasi pada kulit ketiak. Berikanlah produk after shave yang merupakan penyegar bebas alkohol sehingga area ketiak yang sensitif pun tidak akan mengalami masalah iritasi.