Pria Penenggak Alkohol, Siap-Siap Mendapatkan Dampak Kesehatan Ini

DokterSehat.Com – Meskipun bisa saja ditenggak oleh siapa saja, mayoritas penenggak alkohol di Indonesia masih didominasi oleh kaum pria. Selain disebabkan oleh faktor pergaulan, banyak pria yang memilih untuk menenggak alkohol untuk membebaskan diri dari rasa stress karena pekerjaan atau dunia sosial. Selain itu, adanya anggapan bahwa meminum alkohol bisa memberikan kesan macho membuat banyak pria menggemari minuman ini.

doktersehat-wine-anggur-alkohol

Bagi sebagian kaum pria, meminum minuman beralkohol dalam jumlah yang banyak dianggap sebagai hal yang wajar, apalagi jika dilakukan bersama-sama saat bercengkerama dengan kawan-kawan. Sayangnya, dibalik rasa nikmat dari menenggak alkohol ini, terselip berbagai dampak kesehatan buruk yang bisa didapaktan oleh kaum pria layaknya sebagai berikut.

Karena bagian pertama yang terkena alkohol adalah saluran pencernaan, maka organ di dalam perut dan juga hati akan mengalami kerusakan pertama kali. Banyak kasus dimana saluran pencernaan akhirnya mengalami kebocoran akibat kandungan alkohol yang berlebihan. Selain itu, organ hati ternyata bisa mengalami kerusakan fatal jika sering terpapar minuman beralkohol. Selain organ pencernaan, jantung juga memiliki resiko tinggi terkena masalah kesehatan karena seringnya menenggak minuman beralkohol. Dikutip dari hasil penelitian yang dirilis oleh Journal of American College of Cardiology, pria yang setidaknya meminum minuman beralkohol dua kali dalam sehari akan memiliki resiko lebih besar 17 persen mengalami denyut jantung yang tidak normal. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dikhawatirkan resiko terkena stroke ataupun gagal jantung juga akan ikut meningkat.

Sering mengkonsumsi minuman beralkohol ternyata juga ikut berimbas pada kesuburan pria. Jika dalam seminggu saja pria mengkonsumsi minuman beralkohol lima kali, maka jumlah sperma pada tubuhnya pun akan jauh menurun. Bahkan, sebuah penelitian di India menyebutkan jika 75 persen pria yang kecanduan alkohol akan setidaknya mengalami salah satu masalah seksual layakanya disfungsi ereksi atau ejakulasi dini.

Baca Juga:  Mengenal Salah Satu Metode Kontrasepsi Bagi Pria Bernama Vasektomi

Dengan adanya fakta-fakta ini, anda yakin masih mau menenggak alkohol?