Pria Pekerja Keras Biasanya Gampang Lemas di Tempat Tidur

Doktersehat.com – Para istri pada umumnya senang jika pasanganya mau bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tapi, sebaiknya jangan biarkan suami Anda bekerja terlalu keras karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang bekerja terlalu keras sampai menjadi stres ternyata malah kurang berstamina saat berhubungan intim.

Pekerjaan yang memiliki banyak tuntutan dan tekanan psikologis yang tinggi akan membuat pria mengalami gejala mirip menopause, yaitu kekurangan energi, depresi libido menurun dan kesulitan ereksi. Fenomena menopause juga dapat terjadi pada pria yang disebut dengan andropause. Sama halnya dengan menopause, penyebab andropause adalah kekurangan hormon. Bedanya jika pada perempuan yang berkurang adalah estrogen, pada pria yang menurun adalah testoteronnya.

Hasil penelitian di Jepang menunjukkan bahwa pria yang menekuni pekerjaan dengan banyak tekanan ternyata memiliki kadar testosteron yang rendah. Rendahnya hormon khas laki-laki ini diketahui berkaitan dengan surutnya gairah bercinta. Peneliti menemukan adanya hubungan positif antara tuntutan pekerjaan yang tinggi, kadar testosteron yang rendah dan gejala serupa menopause pada peserta penelitian.

Kumi Hirokawa dari Universitas Okayama di Jepang seperti dilansir Telegraph mengatakan “Temuan menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan yang menekan secara psikososial berkaitan dengan gejala andropause pada karyawan laki-laki berusia paruh baya.”

Dari berbagai sumber