Pria Obesitas Memiliki Resiko Tinggi Terkena Kanker Lebih Dari Satu Jenis

DokterSehat.Com – Entah sejak kapan berawal, masyarakat tanah air menganggap pria yang gemuk sebagai pria yang mapan dan memiliki kehidupan rumah tangga yang berbahagia. Padahal, pria yang gemuk, apalagi yang mengalami obesitas, memiliki resiko besar terkena berbagai macam penyakit. International Agency for Research on Cancer (IARC) sendiri menyebutkan jika pria yang mengalami obesitas beresiko besar terkena setidaknya satu dari 13 jenis kanker yang berbahaya. Bahkan, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Korea Selatan menyebutkan jika pria obesitas beresiko tinggi terkena lebih dari satu jenis kanker.

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Pakar kesehatan yang berasal dari Seoul National University College of Medicine mengungkapkan fakta mengerikan yang bisa terjadi pada pria obesitas ini. Menurut mereka, pria yang mengalami masalah kelebihan berat badan memang beresiko terkena satu atau beberapa jenis kanker yang berbeda. Penelitian ini sendiri dilakukan pada 240 ribu pria yang berhasil sembuh dari kanker selama tujuh tahun. Diketahui bahwa pria yang mengalami masalah obesitas atau memiliki indeks BMI lebih dari angka 30, memiliki resiko lebih cepat untuk terkena kanker jenis lainnya jika dibandingkan dengan pria yang memiliki berat badan normal.

Park SangMin, pemimpin studi ini, menyebutkan jika jenis kanker yang menyerang untuk kedua kalinya pada para partisipan ini biasanya adalah kanker hati, kanker prostat, kanker usus, dan kanker empedu. Park sendiri berkata jika para pria yang memiliki banyak jaringan lemak pada tubuh cenderung mengalami peningkatan hormon estrogen pada tubuh yang berperan besar dalam perkembangan sel-sel kanker. Selain itu, semakin banyak lemak di dalam tubuh, semakin memungkinkan pula peradangan kronis yang memicu kanker muncul.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang pria lebih baik dalam menjaga kondisi berat badannya agar tetap ideal. Dengan tetap menjaga pola makan tetap sehat dan rutin berolahraga, diharapkan pria pun bisa semakin baik dalam mencegah munculnya penyakit kanker yang mematikan.