Pria Obesitas Cenderung Lebih Cepat Meninggal Jika Dibandingkan Dengan Wanita Obesitas

DokterSehat.Com – Masalah obesitas kini telah menjadi masalah kesehatan yang sudah mendunia. Pakar kesehatan menyebutkan jika masyarakat kini justru mengadopsi gaya hidup yang sangat buruk dimana kita kini justru semakin malas bergerak dan cenderung menerapkan pola makan yang tidak sehat. Tak heran, semakin banyak orang yang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan, baik itu pria maupun wanita. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris yang melibatkan pria dan wanita dengan masalah obesitas menunjukkan sebuah fakta yang cukup mengejutkan, dimana pria dengan masalah obesitas ternyata cenderung lebih cepat meninggal dunia jika dibandingkan dengan wanita yang mengalami hal yang sama. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Penelitian yang dilakukan di University of Cambridge ini menunjukkan bahwa pria yang mengalami masalah obesitas akan memiliki resiko meninggal dunia pada usia kurang dari 70 tahun jauh lebih besar jika dibandingkan dengan wanita obesitas. Pakar kesehatan Emanualle di Angelantonio menyebutkan jika hal ini terjadi karena pria dengan masalah obesitas cenderung memiliki masalah resistensi insulin, organ liver yang mengalami perlemakan, dan resiko diabetes yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kaum wanita.

Dari penelitian yang melibatkan 3,9 juta partisipan ini, ditemukan fakta pula bahwa mereka yang mengalami obesitas akan beresiko tinggi mengembangkan penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, dan juga kanker, tanpa mempedulikan jenis kelaminnya.

Meskipun resiko wanita dengan obesitas untuk meninggal cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan pria, ada baiknya tingkat kewaspadaan wanita pada penyakit berbahaya ini tidak menurun sama sekali. Cobalah untuk menjaga berat badan agar menjadi lebih ideal dan terapkanlah gaya hidup yang jauh lebih sehat demi kesehatan tubuh yang jauh lebih baik.