Pria Mudah Berperut Buncit, Bagaimana Mengatasinya?

DokterSehat.Com – Pria cenderung akan jauh lebih mudah untuk mengalami pembuncitan pada perutnya, khususnya jika sudah menikah dan merasa lebih tenang secara psikologis dalam kehidupannya. Seiring dengan waktu, kondisi perut pun bahkan bisa semakin membuncit karena lemak yang semakin banyak bertumpuk di perutnya. Hal ini tentu saja bisa membuat tubuh berada dalam kondisi kesehatan yang buruk dan bisa membuat pria mendapatkan resiko mengalami penyakit jantung atau bahkan diabetes. Apa yang bisa kita lakukan agar perut tidak mudah membuncit?



Kunci untuk mencegah atau mengurangi tumpukan lemak pada perut adalah dengan menjaga pola makan, pemilihan asupan makanan yang sehat, sekaligus aktivitas fisik yang baik dan rutin. Dengan melakukan gaya hidup yang sehat ini, maka pria bisa mengurangi tumpukan lemak pada tubuh hingga 26 persen. Bahkan resiko mendapatkan masalah kesehatan kardiovaskular pun bisa menurun jauh hingga 20 persen.

Pria haruslah mampu mengatur apa saja yang dimakan setiap hari. Tak perlu harus mengurangi makanan atau bahkan membatasi waktu makan hingga satu atau dua kali sehari saja. Makan tiga kali sehari masih bisa membuat kondisi perut membuncit menjadi semakin berkurang, hanya saja, kita harus menambah asupan protein yang sehat namun mengurangi asupan karbohidrat yang bisa memicu masalah perut membuncit. Disamping itu, lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam daging-dagingan atau makanan yang digoreng atau bersantan juga sebaiknya kita kurangi. Kurangi pula jajanan yang manis dan bergula layaknya makanan ringan, minuman bersoda, atau bahkan roti-rotian yang manis.

Sebagai pria, janganlah malas-malasan untuk melakukan olahraga. Andai anda adalah pria yang sangat sibuk dengan pekerjaan atau perjalanan ke banyak tempat, anda bisa berjalan yang bisa membuat anda menggantikan waktu olahraga. Jangan terlalu banyak habiskan waktu untuk menonton televisi atau bahkan tidur-tiduran. Jika diperlukan, anda juga bisa menyempatkan waktu berolahraga di gym atau bahkan melakukan jogging dengan rutin setiap pagi sehingga perut anda pun bisa semakin menurun level kebuncitannya.