Pria Lansia Rentan Terkena Masalah Kesehatan Berikut Ini

DokterSehat.Com – Usia lanjut sering kali dianggap sebagai masa dimana manusia harus lebih menikmati kehidupannya dan tidak lagi melakukan terlalu banyak aktifitas. Dalam usia yang kerap dianggap sebagai usia pensiun ini, manusia memang mengalami banyak penurunan fungsi tubuh sehingga akan tidak lagi bisa melakukan banyak aktifitas dengan leluasa layaknya saat masih dalam usia produktif. Bagi kaum pria sendiri, usia lanjut juga seringkali bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan, khususnya jika kesehatan tubuh tidak benar-benar dijaga dengan baik. Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang beresiko menyerang pria lanjut usia.

doktersehat-hepatitis-puasa

Saat memasuki usia lanjut, pria akan cenderung mengalami penurunan hormon testosteron. Dengan hormon testosteron yang menurun, pria lansia tentu akan tidak lagi segagah saat usia produktif, khususnya dalam hal seksualitas. Penurunan hormon ini akan menyebabkan kekuatan ejakulasi semakin berkurang dan rasa ingin melakukan hubungan seksual pun akan jauh menurun. Bahkan beberapa pakar kesehatan berkata jika penurunan tingkat testosteron bisa memicu masalah disfungsi ereksi dimana pria lansia akan cenderung kesulitan atau menunggu ereksi terlalu lama.

Beberapa jenis penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung atau penyakit diabetes juga mudah menyerang pria lanjut usia. Penyakit jantung sendiri bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang menurun dan adanya penyempitan pembuluh arteri. Banyak pria lansia yang juga mengalami tekanan darah tinggi karena gaya hidup yang kurang sehat. Selain masalah kardiovaskular, penyakit diabetes juga kerap kali didapatkan pria lansia. Yang menjadi masalah adalah, penyakit diabetes yang berbahaya ini juga kerap kali berkaitan dengan masalah disfungsi ereksi yang terjadi pada pria lansia.

Untuk menghindari berbagai masalah tersebut, pakar kesehatan menyarankan mereka yang masih di usia produktif untuk tetap menjaga gaya hidup sehat agar tidak mengalami resiko terkena berbagai gangguan kesehatan di hari tua. Disamping pola makan yang sehat dan menghindari alkohol dan rokok, olahraga yang rutin setiap hari diyakini mampu mengurangi berbagai resiko gangguan kesehatan di usia lanjut.