Pria, Lakukan Pemeriksaaan Mandiri Secara Rutin Demi Mencegah Kanker Testis

DokterSehat.Com – Jika kaum hawa memiliki resiko tinggi terkena masalah kanker payudara, maka pria juga beresiko mengalami kanker pada testis atau buah zakar. Karena alasan inilah, pakar kesehatan juga meminta pria untuk rajin-rajin melakukan pemeriksaan mandiri pada buah zakarnya agar mampu mengantisipasi kanker testis secara dini.

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Dari sebuah data penelitian dari Surveillance, Epidemiology, & End Results Program yang berasal dari National Cancer Institute, pria yang mendeteksi dini adanya tanda-tanda kanker testis sejak dini akan memiliki rasio 99 persen untuk hidup lebih lama dari 5 tahun karena kankernya belum menyebar. Andai kanker testis ini sudah terlanjur menyebar, maka peluang ini bisa menurun drastis hingga 74 persen saja. Karena alasan inilah, pria harus rajin-rajin memeriksa kondisi kesehatan testisnya setidaknya sebulan sekali saat mandi.

Pakar kesehatan Nicholas Cost, MD, yang berasal dari University of Colorado, menyebutkan jika saat mandi adalah waktu yang paling tepat bagi pemeriksaan testis mengingat pada saat inilah testis berada dalam kondisi paling rileks sehingga kita pun akan dengan mudah menemukan hal-hal yang terlihat aneh yang bisa saja merupakan tanda dari kanker testis. Menurut beliau, cara pemeriksaaan testis ini pun sangat mudah dilakukan, yakni dengan memegang bagian atas testis kiri, kemudian tahanlah testis ini diantara jempol dan keempat jari lainnya, lalu raba-rabalah ke arah bawah. Lakukan gerakan yang sama pada bagian testis kanan.

Andai kita menemukan benjolan, baik itu yang terlihat keras ataupun lunak, dengan bentuk bulat atau ukuran lain, atau bahkan ada rasa yang kaku dan aneh pada testis, maka ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Andai memang ini adalah tanda-tanda awal dari kanker testis, maka kita pun akan memiliki kesempatan lebih besar untuk sembuh dan bertahan hidup.