Pria Juga Butuh Estrogen Untuk Mempertahankan Libido

DokterSehat.com – Dalam urusan kejantanan, pria identik dengan hormon testosteron. Tapi, pria juga butuh hormon estrogen yang identik dengan wanita agar hasrat seksualnya tetap terjaga di usia lanjut.



Studi baru mengindikasikan adanya kaitan hormon estrogen dengan pria. Kurangnya hormon estrogen dalam tubuh pria memperbesar risiko gejala menopause pria, seperti hasrat seks yang hilang dan rentan mengalami obesitas.

Testosteron merupakan hormon seks utama pada pria. Secara alami tubuh akan mengubah sebagian testosteron ke dalam bentuk estrogen. Kedua hormon ini dibutuhkan untuk menghambat penuaan. Sayangnya, para pria sering menghadapi masalah umum berkurangnya produksi testosteron dalam tubuh akibat pertambahan usia. Akibatnya, produksi estrogen pun jadi ikut berkurang.

Dalam riset ini melibatkan 400 relawan pria sehat dengan usia 20 sampai 50 tahun. Mereka diberikan suntikan obat tiap bulan yang berfungsi menurunkan produksi testosteron sementara waktu. Selain itu, diberikan pula dosis testosteron yang bervariasi dalam bentuk gel. Sebagian lagi diberi gel plasebo. Para relawan juga diberikan obat yang mencegah konversi testoteron menjadi estrogen.

Studi tersebut didesain untuk memudahkan peneliti membandingkan efek perbedaan kadar setiap hormon. Efek yang diukur antara lain untuk kekuatan dan komposisi tubuh.

Setelah 16 minggu, para peneliti mencatat massa otot dan kekuatan tergantung pada hormon testoteron, dan massa lemak tergantung pada estrogen. Keduanya dibutuhkan untuk menjaga hasrat dan performa seksual. Meski begitu, para peneliti menilai riset ini masih membutuhkan penelitian lanjutan yang bisa menyempurnakan hasil temuan.