Pria Ini Terkena Stroke Saat Dikeramasi di Salon, Kok Bisa?

DokterSehat.Com – Salah satu jasa yang sangat diminati oleh banyak orang saat pergi ke salon adalah jasa mencuci rambut. Banyak orang yang menikmati sesi mencuci rambut ini sebagai hal yang sangat menenangkan mengingat dengan posisi rileks, rambut dikeramasi dan kepala pun diberikan pijatan yang lembut. Dave Tyler, pria yang berusia 45 tahun dari Inggris ini ingin mendapatkan jasa pencucian rambut dari salon setempat agar rambutnya menjadi lebih bersih. Sayang, kegiatan yang sebenarnya biasa saja ini justru menimbulkan maslah kesehatan yang serius baginya. Tak tanggung-tanggung, Tyler terkena stroke tatkala rambutnya dikeramasi di salon! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-stroke-otak-pembuluh-darah

Tyler mengaku jika gara-gara stroke yang menimpanya saat dikeramasi ini, Ia harus menjalani perawatan medis di rumah sakit selama tiga bulan dan belajar untuk berjalan kembali. Setelah ditelusuri, pakar kesehatan yang merawatnya menduga jika tekanan berlebihan pada kepala dan lehernya saat dikeramasi menjadi pemicu munculnya stroke tersebut. Alexis Wieroniey yang berasal dari Stroke Association menyebutkan jika pada saat dikeramasi, leher Tyler mengalami tekanan yang berlebihan sehingga membuat arteri pada lehernya mengalami kerusakan. Hal ini ternyata memicu pembekuan darah yang pada akhirnya menyumbat pembuluh darahnya. Alhasil, aliran darah ke otak menjadi terhambat dan pada akhirnya stroke pun muncul.

Sebenarnya, hingga sesi mencuci rambut selesai, Tyler tidak merasakan dampak apapun pada tubuhnya, namun, dua hari kemudian Ia tiba-tiba saja terkena sakit kepala yang nyeri dan kemudian membuatnya pingsan. Wieroniey menyebutkan jika kondisi yang menimpa Tyler disebut sebagai beauty parlour syndrome yang sangat langka namun bisa terjadi tatkala leher sedikit tertarik ke bagian belakang kursi saat menikmati sesi mencuci rambut pada salon-salon.

Baca Juga:  Suka Makanan Padang Bisa Meningkatkan Resiko Stroke dan Penyakit Jantung?

Selain Tyler, kasus yang mirip juga pernah terjadi pada tahun 1997 silam dimana ada wanita yang berusia 42 tahun juga terkena stroke setelah mencuci rambutnya di salon. Penyebab stroke juga diyakini mirip dengan apa yang terjadi pada Tyler.