Pria Ini Masih Bertahan Hidup Meskipun Kepalanya Tertancap Besi 1,5 Meter

DokterSehat.Com – Sebuah kasus yang luar biasa terjadi di Chongqing, China. Seorang pria yang dipanggil dengan nama Wang Long tertancap besi sepanjang 1,5 meter tepat di kepalanya. Yang luar biasa adalah, pria yang bekerja di dunia konstruksi ini ternyata masih bisa bertahan hidup. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rumah-sakit-emergensi-darurat

Kejadian ini berawal saat Wang sedang melonggarkan lempeng beton di tempat kerjanya. Tiba-tiba saja, sebuah besi tertancap di kepalanya. Melihat kejadian ini, rekan-rekan kerjanya pun langsung melarikan Wang ke rumah sakit Southwest Hospital. Tim dokter dari rumah sakit tersebut sempat kebingungan melihat kondisi Wang yang sangat mengerikan ini. Bagaimana tidak, adanya besi sepanjang 1,5 meter dengan diameter 3 cm ini membuat Wang bahkan tidak bisa memasuki peralatan CT Scan. Tim dokter pun akhirnya meminta bantuan petugas pemadam kebakaran untuk memotong besi yang menancap kepala Wang terlebih dahulu agar bisa memasuki peralatan CT Scan. Meskipun sempat kesulitan karena besi ini cukup tebal, tim PMK akhirnya berhasil memotong besi tersebut hingga sekitar 50 cm-an saja.

Dr. Liu, salah satu dokter yang menangani Wang menyebutkan bahwa besi ini sudah menekan saluran pernafasannya sehingga pria berusia 41 tahun ini harus segera dioperasi demi menyelamatkan nyawanya. Saat operasi inilah, dokter menemukan bahwa besi ini sudah menembus tulang leher ke empat dan juga tulang rawan di sekitar tiroid. Tak hanya itu, tulang oksipital di bagian dasar tengkorak dan juga sebagian pembuluh darah pada wajah dan leher Wang ikut tertembus oleh besi ini.

Prof. Xiang, pakar kesehatan lain yang ikut menangani Wang berkata bahwa Wang sangat beruntung untuk masih bisa bertahan hidup. Andai besi ini menancap 2 cm lebih tinggi dari posisi tertancapnya sekarang, bisa jadi Ia langsung kehilangan nyawa. Kini, setelah operasi untuk melepaskan besi sekaligus memperbaiki berbagai jaringan yang rusak di dalam tubuh Wang berhasil dilakukan, Wang pun mulai sadar dan kini sedang dalam fase pemulihan.