Pria Ini Bertahan Hidup Dengan Paru-Paru Besi!

DokterSehat.Com – Dalam beberapa acara animasi, kita tentu kerap mendengar adanya orang yang dibungkus dengan semacam kaleng dan bernafas di dalam kaleng tersebut. Banyak dari kita yang berpikir jika hal ini hanyalah imajinasi dari pencipta acara animasi tersebut. Namun, tahukah anda jika hal ini benar-benar nyata dan terjadi di dunia? Seorang pria yang bernama Paul Alexander dari Texas ternyata bertahan hidup di dalam kaleng besi tersebut dalam waktu yang lama. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-paulalexander-ironlung

Photo Credit: Youtube/ Rotary E-Club of North Texas

Alexander ternyata termasuk dalam salah satu dari 10 orang di dunia ini yang memakai kaleng berukuran besar yang disebut dengan paru-paru besi atau iron lung tersebut. Kaleng berbentuk peti ini adalah salah satu cara medis yang harus digunakan oleh mereka yang mengalami kesulitan bernafas. Sebagai informasi, paru-paru besi ini digunakan oleh mereka yang mengalami penyakit polio dan kesulitan dalam bernafas. Dengan memakai kaleng besi ini, maka pompa mekanik di dalamnya akan membantu memompa udara ke dalam paru-paru penggunanya.

Alexander yang kini sudah berusia 69 tahun sudah terkena polio semenjak berusia 6 tahun dan tubuhnya pun lumpuh sejak usia yang masih sangat muda tersebut. Yang mengerikan adalah, paru-parunya tak lagi berfungsi sehingga keluarganya pun memutuskan untuk memakaikan paru-paru besi ini agar dia mampu bertahan hidup. Berpuluh-puluh tahun Ia lumpuh dan hanya mampu menggerakkan leher, kepala, dan juga mulutnya di dalam alat ini. Beruntung, ia tetap bersemangat dan pada akhirnya tubuhnya bisa belajar untuk bernafas dengan lebih baik. Meskipun hanya beberapa jam, terkadang ia bisa keluar dari paru-paru besi ini dan belajar di perguruan tinggi. Alexander pun sudah mendapatkan tiga gelar universitas karena kegigihannya.

Baca Juga:  Waspada Jika Ladies Memiliki Payudara Padat

Sayangnya, karena hanya tinggal sedikit orang yang memakainya, paru-paru besi ini sudah tidak lagi diproduksi dan andai mengalami kerusakan, Alexander akan kesulitan mencari suku cadangnya atau memperbaikinya.