Pria India Ini Bermain Gitar Sembari Menjalani Operasi Otak Selama 7 Jam

DokterSehat.Com – Seorang pria bernama Abhisek Prasad dari India yang berprofesi sebagai pemain gitar mengalami gangguan kesehatan neurologis yang membuat jari-jari pada salah satu tangannya kram. Mengingat, jari sangatlah penting baginya dalam memainkan alat musik ini, kondisi kesehatan ini pun membuatnya kesulitan untuk memetik gitar.

doktersehat-operasi-bermain-gitar

Pria berusia 37 tahun ini pun kemudian memutuskan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya pada rumah sakit bernama Bangalore Bhagwan Mahaveer Jain. Pakar kesehatan berkata bahwa Abhisek terkena penyakit aneh yang dikenal sebagai musician dystonia. Sayangnya, untuk menyembuhkan penyakit ini, Abhisek harus menjalani prosedur operasi otak.

Operasi otak yang dijalani oleh Abhisek ternyata sangatlah tidak biasa. Bagaimana tidak, meskipun termasuk dalam bagian tubuh yang sangat vital bagi kehidupan, Abhisek ternyata tidak menjalani operasi sembari dibius total. Ia harus menjalani operasi ini dalam kondisi sadar. Yang lebih gila lagi, Ia ternyata diminta untuk bermain gitar selama prosedur operasi otak ini berlangsung!

Salah seorang dokter yang terlibat dalam operasi otak ini, dr. Sharan Srinivasan, menyebutkan bahwa Abhisek tetap dalam kondisi sadar meskipun dokter membedah kepalanya dan mengebor tengkoraknya. Demi menyembuhkan gangguan saraf yang membuatnya kesulitan bermain gitar, dokter pun kemudian menempelkan semacam elektroda yang bisa mendukung bagian otak yang berperan dalam menggerakkan jari-jari tangannya.

Lantas, mengapa Abhisek harus bermain gitar? Dr. Sharan menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh kebutuhan dokter untuk menentukan lokasi otak yang mana yang sekiranya mendapatkan pengobatan. Jika saat dioperasi Abhisek masih mengalami kesulitan bermain gitar, maka lokasi penyembuhannya belum tepat. Namun, saat dokter berhasil menemukan lokasi otak yang tepat, maka Abhisek pun bisa memainkan gitarnya dengan baik.

Meskipun pengalamannya terlihat cukup mengerikan, Abhisek mengaku mengalami perubahan yang luar biasa pada jari-jarinya saat menjalani operasi ini. Kini, Ia sudah bisa kembali menggunakan jari-jarinya untuk memainkan musik yang indah dari gitarnya.