Pria Impoten Berisiko Terkena Penyakit Jantung

DokterSehat.com – Impotensi merupakan salah satu masalah seksual yang kerap dialami pria. Tapi, tahukah Anda kalau impotensi ternyata bisa mengindikasikan adanya penyakit jantung pada beberapa pria.



Peneliti telah mengetahui adanya kaitan antara impotensi dengan kesehatan jantung selama bertahun-tahun. Sebuah teori menunjukkan bahwa arteri yang menyuplai darah pada penis selama ereksi bisa tersumbat lebih awal dalam organ hati pria yang mengalami disfungsi ereksi. Kondisi ini bisa dijadikan peringatan awal mengenai penyakit arteri koroner.

Penelitian yang dilakukan oleh  Jia-Yi Dong dari Soochow University di Suzhou, China menyelidiki hubungan antara impotensi dengan penyakit jantung. Penelitian ini melibatkan hampir 37.000 pria dan mengumpulkan data dari 12 studi tentang impotensi.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa pria dengan disfungsi ereksi mengalami peningkatan 48 persen terserang penyakit jantung.

Kondisi ini diharapkan dapat menjadi “alarm” bagi pria yang mengalami impotensi. Perubahan gaya hidup menjadi salah satu cara untuk terhindar dari risiko penyakit jantung.

Menurut Yi Dong menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol  serta meningkatkan aktivitas fisik menjadi modal utama pria untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan seksual.