Pria Harus Tahu 5 Tips Memelihara Jenggot

DokterSehat.Com– Tidak memiliki jenggot atau kumis yang bagus terkadang membuat kaum pria resah terhadap penampilannya. Jika Anda melihat seorang pria yang kumisnya terawat rapi dan terlihat sehat, iri bukan?

Jenggot-Doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Aaron Bateman

Menumbuhkan jenggot bagi sebagian pria untuk menambah ketampanan, tapi bagaimana dia peduli akan perawatan dan bagaimana tampilan jenggotnya, apakah lebih lebat atau lebih tipis.

Pria dengan jenggot yang baik dipastikan tidak memiliki kulit kering atau teriritasi. Mereka tidak menderita luka bakar oleh sengatan matahari di bagian jenggot, dan tidak menggaruk gatal sepanjang hari. Garis leher mereka bisa berbentuk baik, dan rambut wajah mereka juga terlihat bergaya dengan cara terbaik.

Untuk memiliki jenggot yang sehat ada tiga hal utama yang harus Anda tahu, yaitu perhatikan tepi jenggot, rapikan sesuai kebutuhan, dan beri nutrisi pada kulit dan rambut Anda.

Ada beberapa ahli yang dapat membantu Anda. Garrett Pike, pendiri dan tukang cukur di No Club Barbershop, dan Robert McMillen, pendiri dan tukang cukur di Mildred Barbershop. Nah, di bawah ini adalah saran pemeliharaan jenggot yang menurut mereka harus dilakukan setiap orang, dijamin menghasilkan kerutan yang lembut dan memuaskan di bagian jenggot Anda.

Jenggot-Dagu-Doktersehat

Photo Credit: Menshealth.com

1. Jenggot di leher Anda harus menyerupai huruf U
Jika Anda tidak mengukir leher Anda dengan cara yang benar, jangan khawatir. Sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang seharusnya Anda lakukan, dan mudah untuk salah melakukannya.

Anda memiliki garis jenggot leher yang merayap ke pipi atau di bagian bawah dagu. Sementara itu, orang lain justru ingin menumbuhkan jenggot di leher.

Tapi ada satu cara yang benar untuk melakukan ini. “Ambil jari telunjuk dan jari tengah Anda, dan letakkan di atas jakun untuk menentukan garis dasar janggut,” kata McMillen.

“Sangat membantu untuk menentukan garis dari titik ini lurus di leher dengan pemangkas atau pisau cukur Anda terlebih dulu, lalu rapikan rambut di bawahnya.” Selanjutnya, dari titik di atas jakun, mencukur dengan membentuk “U” dari belakang kedua telinga, di balik garis rahang.

Mencukur-Jenggot-Doktersehat

Photo Credit: Menshealth.com

2. Menipiskan jenggot di leher Anda
Untuk memadukan garis leher Anda yang polos ke jengg0t Anda dengan cara yang sama. Seorang tukang cukur menipiskan jenggot dari sisi potongan rambut Anda ke bagian atas yang lebih penuh. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti beberapa langkah sederhana dengan tukang cukur Anda.

“Taruh satu pembatas di alat potong Anda dan tutup semuanya,” kata Pike. Potong kira-kira satu inci penuh ke jenggot –dengan asumsi itu tidak terlalu besar dan lebat, dalam hal ini garis leher pudar tidak ada gunanya. “Ini akan membuat kontras yang lembut,” katanya. “Kemudian Anda bisa melepaskan pebatasnya dan memangkas separuh ke garis awal. Pembatas ini untuk kontras yang lebih mantap.” Hasilnya adalah ebas dari leher polos sampai jenggot penuh selama satu inci.

Brewok-Doktersehat

Photo Credit: Menshealth.com

3. Buat wajah Anda rileks saat mencukur jenggot atau kumis
Kumis memang bagian rambut kecil atau sedikit, tapi kumis pantas mendapat perhatian lebih dari yang Anda berikan, saat mecukurnya. Salah satu kunci sukses menukur, kata McMillen, adalah “menjaga wajah normal atau beristirahat saat memangkas” Pike menambahkan bahwa mencukur kumis sangat penting, bukan menggunakan gunting listrik, membiarkan hasil yang lebih alami dengan gunting biasa.

Baca Juga:  Waspadai Osteoporosis pada Pria yang Berbahaya

“Anda juga membutuhkan sisir kecil,” kata McMillen. Sisir rambut kumis lurus ke bawah untuk menentukan berapa panjang yang perlu dipangkas. Setelah panjangnya ditentukan, rapikan dengan menyisir rambut dari wajah dan melepaskan lapisan atas. Sisir dan gunting Anda harus menggunakan triknya.

Foam-Cukur-Doktersehat

Photo Credit: Menshealth.com

4. Merawat jenggot juga berarti merawat kulit
Inilah beberapa wawasan terhadap garis leher yang akan membuat hari-hari Anda yang bersih: “Kebanyakan pria mencukur sebagai tugas dan bukan proses,” kata McMillen.

Beberapa orang mungkin berpikir “Saya perlu menghilangkan rambut ini” dan bukan “Saya perlu menjaga kesehatan kulit saya.” Jika ini terdengar seperti Anda, Anda mungkin menjadi kandidat utama untuk iritasi, infeksi, dan luka karena pisau cukur di sekitar garis leher Anda.

McMillen mengatakan, untuk meluangkan waktu Anda bercukur di sekitar jenggot, sama seperti Anda memiliki cara penuh untuk mencukur wajah Anda. “Setiap mencukur yang tepat membutuhkan waktu, terutama saat berhubungan dengan perawatan sebelum dan sesudah bercukur,” katanya. “Bahkan jika Anda hanya merawat rambut wajah dan mencukur beberapa pola tertentu, pastikan kulit Anda bersih.

Anda perlu memastikan pori-pori terbuka terlebih dahulu dan menutupnya dengan benar untuk menghindari iritasi. “Itulah mengapa Anda harus mulai bercukur dengan shower air panas, dan akhiri dengan percikan air dingin sebelum menerapkan foam cukur.

doktersehat-oliveoil-minyak-zaitun

5. Menggunakan minyak jenggot dan beard balm
McMillen setuju dengan minyak jenggot dan beard balm, namun menyarankan agar Anda terbiasa dengan manfaat masing-masing. “Minyak jenggot bertindak sebagai pelembab dan zat pendingin yang bisa membantu merangsang pertumbuhan dan mengobati jenggot Anda serta kulit,” katanya.

“Di sisi lain, beard balm untuk menata jenggot yang bisa membantu menambah volume dan bentuk jenggot Anda, juga bisa menghilangkan bau dan membantu menjaga kelembaban. Jadi, keduanya bisa memberi nutrisi pada rambut. Minyak untuk melembutkan bulu dan menghidrasi kulit. Sementara beard balm untuk menata dan melindungi rambut dehidrasi atau kekeringan.