Pria Harus Mewaspadai Resiko Kanker Prostat Berikut Ini

DokterSehat.Com – Kanker prostat adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai oleh kaum pria karena bisa mempengaruhi kesuburan organ vitalnya sekaligus mengancam nyawanya jika tidak ditangani dengan benar. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika masih belum diketahui penyebab pasti dari kanker prostat. Namun, pria harus mewaspadai adanya beberapa faktor resiko yang bisa memicu kanker prostat ini. Apa sajakah faktor resiko tersebut?

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Pria dengan usia lebih dari 50 tahun, apalagi jika memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker ternyata memiliki resiko besar terkena kanker prostat. Seiring dengan bertambahnya usia, semakin meningkat pula resiko terkena kanker mengerikan ini. Selain itu, beberapa jenis ras manusia ternyata memiliki resiko terkena kanker prostat lebih tinggi dari jenis ras lainnya.

Pola makan ternyata menjadi faktor resiko berikutnya dari munculnya kanker prostat. Pakar kesehatan menyebutkan jika pria yang suka mengkonsumsi makanan berlemak bisa meningkatkan resiko terkena kanker berbahaya ini. Hal ini berarti, pria yang tidak ingin terkena kanker prostat harus melakukan perubahan pola makan menjadi lebih sehat. Dari penelitian yang dirilis oleh Medical News Today, diketahui jika pria yang suka mengkonsumsi teh hijau, kedelai, sayuran, buah-buahan, dan selenium, akan menurunkan resiko terkena kanker prostat dengan signifikan. Selain itu, pria juga bisa lebih rajin berolahraga dan menjaga diri terbebas dari stress untuk menurunkan resiko terkena penyakit ini.

Sebuah penemuan menarik yang dirilis oleh Clinical Cancer Research mengungkapkan fakta unik dimana pria yang jarang terkena paparan sinar matahari ternyata lebih beresiko terkena kanker prostat. Hal ini dikarenakan dirinya kekurangan asupan vitamin D. Jika pria ini juga banyak mengkonsumsi daging merah, maka semakin meningkat pula resiko terkena kanker prostat. Dengan adanya fakta ini, cobalah untuk sering beraktivitas di luar ruangan, khususnya di pagi hari.