Pria Dengan Pinggang Besar Beresiko Besar Terkena Kanker Prostat

DokterSehat.Com – Meskipun banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan organ tubuh ini, prostat dalam realitanya ternyata memiliki fungsi yang sangat besar bagi kaum pria. Prostat inilah yang memiliki pengaruh besar pada tingkat kesuburan pria dimana di prostatlah produksi sperma berlangsung. Sebuah penelitian terbaru yang mempelajari prostat memberikan kabar buruk bagi pria yang cenderung memiliki lingkar pinggang cukup besar dimana mereka ternyata memiliki resiko besar terkena kanker prostat.

doktersehat-pria-pinggang-besar-kanker-prostat-Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-diabetes-kutil-kelamin-konsultasi

Penelitian kesehatan tentang prostat ini dilakukan di University of Oxford dengan melibatkan setidaknya 130 ribuh pria yang berasal dari delapan negara di Benua Eropa. Hampir semua partisipan berada dalam usia 50 tahunan. Penelitian ini sendiri menyebutkan jika pria dengan lingkar pinggang lebih dari 94 cm akan memiliki resiko tinggi terkena kanker prostat. Jika dibandingkan dengan pria dengan lingkar pinggang 84 cm, pria dengan lingkar pinggang besar memiliki resiko 13 persen lebih tinggi terkena penyakit berbahaya ini. Singkat kata, jika ukuran celana pria mencapai 38 atau lebih, maka Ia pun beresiko tinggi terkena kanker prostat.

Sebagai informasi, pria yang ada di Inggris cukup banyak yang terkena kanker prostat dimana setiap tahunnya ada 47.000 kasus kanker prostat yang terdiagnosa. Yang mengerikan adalah, setidaknya 10.800 orang akhirnya meninggal dunia karena penyakit ini termasuk dalam penyakit yang cukup agresif.

Mengingat indeks massa tubuh dan ukuran lingkar pinggang yang tinggi berpengaruh besar pada resiko terkena kanker prostat, ada baiknya kita mulai menjaga berat badan kita agar tetap dalam kondisi ideal. Untuk melakukannya, perbaikan pola makan sehari-hari dan juga rutinitas olahaga sangat direkomendasikan agar lingkar pinggang pria tetap berukuran kecil dan resiko terkena kanker prostat pun menurun drastis.