Pria Dengan Lingkar Leher Besar Beresiko Terkena Masalah Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh siapapun di dunia. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa menjadi sangat mematikan. Bagi kaum pria, penyakit jantung sendiri bisa menjadi momok yang sangat menakutkan. Padahal, kesibukan pekerjaan pria yang disertai dengan gaya hidup yang kurang sehat kerap kali menjadi pemicu pria mengalami penyakit jantung.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan adanya sebuah fakta unik mengenai penyakit jantung pada pria. Penelitian yang dilakukan di Brazil dan melibatkan setidaknya empat ribu orang pria ini menunjukkan adanya kaitan erat antara lingkar leher seorang pria dengan resiko terkena penyakit jantung. Meskipun aneh, kondisi ini ternyata bisa dijelaskan secara medis dengan jelas.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini mengungkapkan jika pria yang cenderung memiliki leher besar atau lingkar leher yang lebih besar dari biasanya ternyata memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Normalnya, pria akan memiliki lingkar leher rata-rata 15 inchi. Jika ada pria yang memiliki lingkar leher lebih besar dari angka rata-rata tersebut, anggap saja sekitar 1 inchi, maka Ia mengalami peningkatan resistensi insulin hingga 32 persen di dalam tubuhnya. Yang menjadi masalah adalah, peningkatan resistensi insulin ini berarti ikut meningkatnya resiko tekanan darah serta kadar trigliserida. Sementara itu, kadar kolesterol baik yang menyehatkan justru semakin menurun.

Ukuran lingkar leher yang lebih besar dari biasanya juga menjadi tanda adanya tumpukan lemak pada leher yang bisa memicu adanya inflamasi hingga adanya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri pada leher. Jika hal ini yang terjadi, maka akan ada resiko peningkatan penyakit jantung. Tercatat, peningkatan resiko terkena penyakit mematikan ini bahkan bisa mencapai tiga kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan pria yang memiliki lingkar leher normal.