Pria Cenderung Lebih Tidak Peduli Dengan Kesehatan Gigi

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berkata jika wanita akan cenderung lebih memperhatikan kesehatan dan perawatan tubuh jika dibandingkan dengan pria. Sebagai contoh saja, pria akan cenderung cukup mandi dua kali sehari dan merasa tubuhnya sudah terawat dengan baik, sementara wanita masih ingin memakai produk perawatan tubuh lainnya. Untuk urusan kesehatan gigi pun, pria ternyata cenderung lebih tidak peduli jika dibandingkan dengan pria. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sikat-gigi-kotor-kuman-kamar-mandi

Dari sebuah penelitian yang memakai metode survei, diketahui jika 8 dari 10 dokter gigi yang berada di Inggris akan berkata jika kaum hawa ternyata cenderung lebih baik dalam merawat kesehatan gigi dan mulutnya jika dibandingkan dengan kaum pria. Uniknya, secara keseluruhan hanya satu dari 10 orang yang ada di Inggris ternyata tidak pernah melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mengecek kondisi kesehatan gigi dan mulut. Hal ini berarti, memang masih banyak orang yang kurang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Yang menarik adalah, satu dari lima orang di Inggris ternyata tidak memiliki dokter gigi tetap dan memeriksakan kondisi gigi dan mulutnya di berbagai tempat karena berbagai alasan.

Survei ini sendiri dilakukan pada 100 dokter gigi di Inggris dan juga setidaknya 4.000 orang pasien. Yang mengejutkan dari survei ini adalah, banyak pasien yang mengeluhkan mahalnya biaya memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya. Faktor ini ternyata menjadi pemicu utama mengapa banyak orang tidak memiliki dokter gigi tetap. Mereka cenderung kapok atau takut dengan biaya tinggi ini dan mencari dokter gigi lainnya begitu ada kesempatan.

Survei ini sendiri sebenarnya telah dilakukan 10 tahun lalu. Namun, fakta yang ada di lapangan ternyata masih menunjukkan jika kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi dan mulut, khususnya di kalangan kaum pria, ternyata masih sangat rendah, papar Nigel Carter yang berasal dari British Dental Health Foundation.