Pria Cenderung Lebih Mudah Terserang Flu Jika Dibandingkan Dengan Wanita

DokterSehat.Com – Penyakit flu adalah sejenis penyakit yang cukup rentan menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin atau bahkan usia. Namun, menurut sebuah penelitian terbaru, ditemukan fakta unik dimana pria ternyata cenderung lebih mudah terserang flu jika dibandingkan dengan pria. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-flu

Terdapat beberapa penelitian yang dilakukan pakar kesehatan. Sebagai contoh, pakar kesehatan dr. Sabra Kelin dari Johns Hopkins School of Public Health menyebutkan jika pria yang cenderung memiliki hormon testosteron yang cukup tinggi ternyata ikut menentukan mudahnya Ia terkena flu. Memang, hormon testosteron ini bisa menyebabkan pria cenderung lebih kuat secara fisik, namun adanya hormon ini juga akan membuatnya lebih mudah terserang infeksi mengingat hormon ini akan menekan beberapa fungsi dari sel-sel yang ikut berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

Penelitian lain yang dilakukan di Cambridge University juga menyebutkan jika sistem kekebalan tubuh pria akan lebih lemah jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh kaum hawa mengingat pria memiliki kecenderungan untuk melakukan hal-hal yang lebih beresiko layaknya berpetualang atau bahkan sekadar berkelahi dengan orang lain.

Dengan adanya kecenderungan lebih mudah terinfeksi penyakit layaknya flu, apakah ada cara agar pria bisa membuat sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih baik? jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan jika pria bisa mulai melakukan olahraga selama 60 hingga 80 menit setiap minggunya. Dengan rutin melakukan olahraga, meskipun dengan intensitas yang cukup ringan, ternyata pria bisa mengurangi resiko terkena infeksi saluran pernafasan hingga 34 persen sehingga resiko terkena flu pun bisa semakin mengecil. Selain itu, pria juga sebaiknya jauh lebih pandai dalam mengelola stressnya karena stress juga berimbas buruk pada sistem kekebalan tubuh yang dimiliki pria.