Pria Bertestis Besar Lebih Rentan Sakit

DokterSehat.com – Buah zakar atau yang lebih dikenal dengan istilah testis memegang peranan penting bagi kesehatan pria. Namun, siapa yang menyangka bahwa tempat produksi sperma dan hormon ini juga dapat menjadi indicator kesehatan pria.



Sebuah riset yang diadakan di Italia menemukan bahwa ukuran testis yang besar pada pria dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan penyakit. Dikatakan bahwa pria bertestis besar cenderung gemuk sehingga berisiko tinggi terkena hipertensi dan penyakit jantung. Lebih lanjut ketua tim riset yang melibatkan 2.809 responden pria dewasa ini menjelaskan bahwa meskipun ukuran testis yang besar kerap dihubungkan dengan fungsi reproduksi yang baik, akan tetapi ukuran organ tersebut juga dapat menjadi indicator kesehatan tubuh pria secara menyeluruh.

Dalam penelitian tersebut, ukuran testis dan level hormon para responden dicatat untuk selanjutnya dipantau selama tujuh tahun. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa pria dengan ukuran testis yang besar lebih banyak menderita penyakit jantung. Selain itu, pria dengan ukuran testis yang besar juga mempunyai kandungan level hormone yang cukup tinggi, terutama hormone luteiniising. Hormone luteiniising diketahui membawa dampak kurang baik bagi kesehatan jantung.

Kendati demikian, untuk lebih meyakini kebenaran hasil penelitian tersebut, para peniliti menganjurkan untuk mengadakan penilitian lanjutan. Pasalnya para responden yang dilibatkan dalam penelitian tersebut adalah para pria yang datang ke klinik kesehatan seksual dengan beragam keluhan masalah fungsi seksual. Boleh jadi hasil riset akan berbeda jika dilakukan pada pria yang benar-benar sehat.