Pria Beresiko Tinggi Terkena Anoreksia

DokterSehat.Com – Anoreksia seringkali dikaitkan dengan penyakit yang lebih beresiko mengenai kaum wanita dibandingkan dengan kaum pria. Anggapan ini bisa dimengerti mengingat ada banyak kaum wanita yang mendambakan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal yang akan membuatnya merasa lebih percaya diri. Hanya saja, perkembangan terkini justru menunjukkan jika kaum pria ternyata juga ada yang mengidap anoreksia dengan akut! Di beberapa negara bahkan menunjukkan jika jumlah pria yang dibawa ke rumah sakit karena gangguan makan meningkat dengan drastis belakangan ini.

doktersehat-nyeri-kepala-sinus

Selain wanita, kini pria juga memiliki dambaan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan macho layaknya yang dimiliki model atau bahkan selebritas. Meskipun terlihat konyol, namun adanya kecenderungan wanita jaman sekarang yang mendambakan pria dengan tubuh yang ideal sebagai pasangannya ternyata juga mempengaruhi meningkatnya kecenderungan pria terkena anoreksia.

Laporan kesehatan di Inggris menunjukkan jika gangguan makan ini kerap kali terjadi pada mereka yang masih berusia remaja, yakni sekitar 15 hingga 18 tahun. Yang mengejutkan adalah, dari kemungkinan 1,6 juta warga Inggris yang diketahui memiliki gangguan makan layaknya anoreksia atau bullimia, 20 persennya ternyata terjadi pada kaum pria dan hampir semua penderitanya mengaku jika obsesi untuk menjaga berat badan ternyata menjadi pemicunya.

Memang, dengan memuntahkan kembali makanan yang dikonsumsi, maka kita pun akan mengkonsumsi lebih sedikit makanan yang bisa membuat berat badan meningkat. Sayangnya, kebiasaan ini juga bisa memicu masalah kesehatan karena semakin minimnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Pakar kesehatan pun kini menyerukan pentingnya asupan makanan yang seimbang yang disertai dengan olahraga yang teratur untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman yang ideal.