Preeklamsia Kehamilan Bisa Dicegah Dengan Konsumsi Cokelat

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Makanan yang terasa manis ini bisa membuat kita yang memakannya akan menjadi lebih tenang karena menikmati rasanya. Sudah ada banyak sekali penelitian kesehatan yang membuktikan jika konsumsi cokelat sangatlah baik bagi tubuh. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan sebuah fakta menarik dimana jika cokelat akan sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

doktersehat-kehamilan-hamil

Penelitian ini bahkan merekomendasikan ibu hamil untuk rutin mengkonsumsi cokelat setiap harinya. Bagaimana tidak, cokelat ternyata kaya akan kandungan nutrisi baik dan antioksidan yang mampu mencegah ibu hamil terkena kondisi preeklamsia, sebuah kondisi dimana ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah drastis dan sangat tidak normal. Preeklamsia sendiri biasanya akan terjadi jika usia kehamilan berkisar 20 minggu. Preeklamsia sendiri tidak boleh disepelekan oleh ibu hamil karena peningkatan tekanan darah tinggi yang tiba-tiba ini bisa memicu masalah kesehatan bagi ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan. Bahkan, banyak kasus yang menyebutkan jika preeklamsia pada akhirnya akan berakhir dengan keguguran, kelahiran prematur, atau bahkan kematian pada janin atau pada ibu hamil itu sendiri.

Dengan rutin mengkonsumsi cokelat, ibu hamil pun akan memiliki sirkulasi darah yang cenderung lebih lancar. Hal ini akhirnya akan membuat plasenta bayi menjadi semakin kuat sehingga proses penyerapan nutrisi oleh janin yang berasal dari sang ibu pun menjadi lebih maksimal. Hal ini berarti konsumsi cokelat dengan rutin bisa berimbas pada perkembangan janin yang semakin maksimal.

Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi cokelat lima hari seminggu demi kesehatan ibu hamil, terkecuali jika ibu hamil memiliki alergi atau kondisi khusus yang membuatnya tidak boleh mengkonsumsi cokelat. Cokelat jenis dark menjadi cokelat yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.