Prediksi Kesehatan Melalui Lidah

Doktersehat.com – Para peneliti China telah mengembangkan perangkat lunak (software) yang dapat memprediksi kondisi kesehatan dengan cara menganalisis gambar pada lidah seseorang. Peneliti mengklaim, temuan ini bisa menjadi langkah yang unik terhadap pencegahan suatu penyakit.

doktersehat-lidah-kanker

Munculnya ide pembuatan perangkat lunak ini berasal dari pengobatan China kuno yang didasarkan pada keseimbangan dan aliran energi dalam tubuh.

Tim peneliti mengatakan, perangkat lunak mereka bisa mengklasifikasikan status zheng dari 263 pasien gastritis (peradangan lambung) dan 48 sukarelawan sehat yang berpartisipasi dalam penelitian. Pasien dengan gastritis diklasifikasikan berdasarkan intensitas gejala dan bakteri jenis apa yang menyebabkan gastritis.

“Mengetahui klasifikasi zheng Anda dapat berfungsi sebagai alat pra-skrining dan membantu upaya pencegahan pengobatan. Perangkat lunak kami membantu menjembatani antara pengobatan Timur dan Barat. Karena ketidakseimbangan dalam zheng bisa menjadi peringatan untuk Anda pergi ke dokter,” kata Dong Xu, ketua divisi ilmu komputer dari Fakultas Teknik Universitas of Missouri (MU).

“Dalam setahun ini, tujuan akhir kami adalah membuat aplikasi untuk smartphone yang akan memungkinkan orang untuk mengambil foto dari lidah mereka dan belajar menggenai status zheng mereka,” kata Xu.

Studi lain dari PubMed mengatakan bahwa pola panas dan dingin dalam pengobatan China telah dikaitan perbedaan jalur di mana protein dipecah dalam tubuh.

“Zheng panas dan dingin tidak merujuk langsung ke suhu tubuh. Sebaliknya, hal itu mengacu pada seperangkat gejala yang berhubungan dengan keadaan tubuh secara keseluruhan,” kata Xu dari Bond Life Sciences Center.

“Perangkat lunak kami mampu mengklasifikasikan orang berdasarkan status zheng mereka,” kata rekan peneliti, Ye Duan, profesor ilmu komputer di MU.

“Kami akan terus bekerja pada perangkat lunak ini dan berharap dapat meningkatkan kemampuannya alat ini sehingga pada akhirnya setiap orang akan dapat menggunakan alat ini di rumah dengan menggunakan Webcam atau aplikasi pada smartphone. Hal ini dapat membantu untuk memantau status zheng mereka dan mendapatkan peringatan dini tentang perkembangan penyakit, “kata Ye Duan.

 

 

 

Sumber : health.kompas.com