Prader Willi Syndrome

DokterSehat.com – PWS atau yang lebih dikenal dengan Prader Willi Syndrome adalah gangguan kronis genetik langka. Penyakit ini termasuk langka karena Prader Willi Sindrom hanya ditemukan 1 di antara 10.000 dan 1 di antara 25.000 dalam setiap kelahiran baru. Penyakit ini pertama kali dikenali tahun 1956 dengan gejala yang cukup bervariasi. Beberapa gejala yang paling umum adalah kelemahan otot dan nafsu makan unsatisfiable, mengarah ke obesitas. Gejala lain dan karakteristik termasuk masalah perilaku, sulit mengungkapkan sesuatu, jenis gangguan OCD, statures pendek, perkembangan seksual yang tidak lengkap, dan masih banyak lagi.

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Dokter Alexis Labhart ,Andrea Prader dan Heinrich Willi adalah orang yang pertama kali mengenali Prader Willi Syndrome. Dua orang terakhir ini yang namanya digunakan untuk mengidentifikasi syndrome genetika ini. Meskipun tergolong penyakit langka tetapi masih banyak yang belum diketahui oleh para ahli medis mengenai penyakit ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dapat dijadikan referensi buat Anda ketika menghadapi penyakit ini adalah;

1. Berkonsultasi dengan psikiater anak. Karena PWS termasuk penyakit langka dan jarang terdeteksi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan para ahli psikiater. Persiapkan hal-hal apa yang harus dicari dalam konsultasi dan bagaimana mempersiapkan untuk konsultasi agar mendapatkan hasil maksimal.

2. Food security. Perhatikan pola makan yang sehat bagi anak Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memahami prinsip-prinsip dasar yang sangat membantu dalam menjaga berat badan baik dan kontrol perilaku anak Anda.