Potensi Gunung Agung Meletus, Para Pengungsi Beresiko Terkena Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Status Gunung Agung di pulau Bali sudah ditingkatkan di Level 4, level paling tinggi yang berarti bahwa gunung ini bisa saja meletus dalam waktu dekat. Melihat adanya potensi untuk meletus, pemerintah setempat pun meminta warga yang masih di dalam radius 12 km untuk segera mengungsi ke tempat aman. Tempat pariwisata di dalam radius tersebut seperti Pura Besakih juga sudah ditutup.



Photo Credit: Volunteerbali

Puluhan ribu warga Bali sudah mengungsi ke tempat pengungsian sembari menunggu kondisi gunung lebih aman. Yang menjadi masalah adalah, meskipun sudah berada dalam kondisi yang aman, berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat yang sama bisa membuat para pengungsi beresiko terkena berbagai penyakit.

Menurut pakar kesehatan, para pengungsi bencana alam sangat rentan untuk terkena cedera yang tidak disengaja saat dalam perjalanan mengungsi, hipotermia, luka bakar, penyakit saluran pencernaan, infeksi, penyakit jantung, hingga komplikasi yang terkait dengan kehamilan atau kelahiran. Bagi anak-anak, mereka juga sangat rentan terkena infeksi saluran pernafasan dan saluran pencernaan.

Munculnya berbagai penyakit tersebut disebabkan oleh tinggal di pengungsian yang membuat mereka kesulitan menjaga kebersihan. Tak hanya itu, seringnya kontak dengan banyak orang yang tinggal di tempat yang sama juga meningkatkan resiko penularan penyakit. Jika sampai gunung berapi meletus, keluhan gangguan pernafasan atau luka bakar juga bisa semakin meningkat.

Bagi para pengungsi, sangatlah disarankan untuk rajin-rajin mencuci tangan dan mandi demi mencegah datangnya penyakit. Selain itu, para pengungsi juga diharapkan sudah mengetahui dimana mereka bisa mendapatkan layanan kesehatan terdekat sehingga bisa segera memeriksakan kondisi tubuh saat mengalami gejala penyakit atau terkena cedera.