Postingan Foto di Instagram Bisa Menandakan Seseorang Terkena Depresi atau Tidak

DokterSehat.Com– Instagram adalah salah satu media sosial yang paling sering dipakai oleh anak muda. Yang tidak disangka adalah, postingan foto-foto yang ada di media sosial ini ternyata bisa menandakan apakah seseorang terkena depresi atau tidak. Seperti apa penjelasan dari hal ini?

doktersehat-gadget-handphone-media-sosial

Dilansir dari laman Live Science, terdapat sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul EPJ Data Science yang menunjukkan bahwa unggahan foto di akun Instagram bisa menandakan seseorang terkena depresi.

Salah seorang penulis penelitian yang berasal dari University of Vermont, Profesor Christopher Danforth, menyebutkan bahwa para peneliti mengecek postingan foto Instagram dari 160 relawan. Para relawan ini sebelumnya memberitahukan kondisi kesehatan kejiwaannya pada para penelliti dan kemudian diminta untuk menjawab berbagai pertanyaan dari kuesioner yang sudah dirancang khusus untuk mendeteksi apakah seseorang terkena depresi atau tidak. Hasilnya adalah, setengah dari para relawan ini memang mengalami tekanan kejiwaan berlebihan setidaknya dalam 3 tahun terakhir.

Dari seluruh relawan, para peneliti kemudian mengecek sekitar 44 ribu postingan foto di akun instagram mereka dengan menggunakan kecerdasan buatan melalui komputer. Hasilnya adalah, postingan mereka yang mengalami depresi cenderung memiliki warna yang lebih biru, abu-abu, dan gelap jika dibandingkan dengan foto dari mereka yang dalam kondisi kejiwaan yang sehat. Mereka yang mengalami masalah kejiwaan juga cenderung jarang memakai filter dan andaipun memakainya, mereka cenderung memilih filter hitam putih layaknya Inkwell.

Dalam penelitian lain, mereka yang mengalami tekanan kejiwaan cenderung lebih suka memilih warna yang lebih gelap, lebih kebiruan, atau berjenis monokrom dalam unggahan fotonya. Sebaliknya, mereka yang secara mental sehat cenderung suka dengan filter seperti Valencia yang bisa membuat foto lebih cerah. Selain itu, mereka yang terkena tekanan kejiwaan juga cenderung lebih sedikit memposting foto-foto dengan objek manusia.

Baca Juga:  Waspada, Depresi Memang Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung

Jadi, seperti apa postingan foto di akun Instagram anda?