Post-Vacation Blues, Penyebab Malas Bekerja Setelah Liburan

DokterSehat.Com– Meskipun hanya beberapa hari, libur Hari Raya Idul Adha kemarin dimaksimalkan banyak orang untuk kembali ke tempat asal atau menikmati liburan di berbagai tempat. Sayangnya, setelah liburan, kebanyakan orang cenderung merasa malas untuk bekerja di kantor sehingga pekerjaan mereka pun menjadi terbengkalai. Pakar kesehatan menyebut kondisi ini sebagai Post-Vacation Blues.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Sebenarnya, liburan memang sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental. Karena alasan inilah hal ini disebut sebagai re-kreasi yang bisa membuat tubuh mengumpulkan energi agar bisa kembali berkreasi dengan baik. Sayangnya, setelah liburan, kebanyakan orang merasa galau karena merasa tersiksa dengan pekerjaan yang harus dilakukan, bukannya bersenang-senang layaknya liburan yang telah lalu. Hal inilah yang membuat kita malas-malasan dan tak kunjung bisa berkonsentrasi saat bekerja.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Post-Vacation Blues.

Bebaskan pikiran dan benar-benar menikmati liburan
Sebanyak apapun pekerjaan yang ditinggalkan, pastikan untuk benar-benar menikmati hari libur. Hal ini berarti, kita sebaiknya tidak mengecek email, sms, telepon, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan. Dengan benar-benar menikmatinya, maka kita pun akan mengisi kembali energi pada tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih segar.

Memulai pekerjaan dengan mudah terlebih dahulu
Jangan langsung melakukan pekerjaan yang berat karena hal ini bisa membuat kita semakin malas untuk melakukannya. Mulailah dengan yang mudah dan kecil-kecil terlebih dahulu karena jika kita berhasil menyelesaikan satu saja pekerjaan mudah, pikiran akan menjadi lebih tenang dan menambah semangat untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Tidak lembur
Pastikan untuk pergi tepat waktu pada hari-hari pertama setelah liburan agar kita bisa beristirahat dengan tenang di rumah. Dengan beristirahat total, maka kita pun akan memiliki energi yang cukup untuk bekerja di hari lain.

Baca Juga:  Tak Ingin Ngantuk Saat Kerja di Kantor? Lakukan Hal Ini

Jangan ragu untuk minta bantuan
Jika kita merasakan kesulitan saat melakukan pekerjaan, jangan ragu untuk meminta bantuan atau arahan dari orang lain agar pekerjaan bisa segera diselesaikan. Jika kita sungkan untuk meminta bantuan, bisa jadi pekerjaan akan semakin menumpuk dan kita pun akan semakin malas untuk menyelesaikannya.