Posisi Tidur yang Tepat untuk Kondisi Kesehatan Anda

DokterSehat.Com– Posisi tidur seseorang akan berubah sebanyak 3-36 kali dalam semalam tanpa disadari. Hal itu normal saja terjadi sebab tidur dalam posisi yang sama semalaman justru dapat menyebabkan masalah seperti nyeri di bahu dan leher.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Walaupun demikian, Anda tidak boleh sembarangan tidur dengan posisi yang salah. Beberapa posisi tidur belum tentu aman bagi orang yang mengalami gangguan kesehatan.

Bagi penderita sakit punggung sebaiknya tidurlah dengan posisi telentang dan gunakan kasur khusus.

Bagi Anda yang sering mendengkur saat tidur sebaiknya hindari posisi telentang. Posisi tersebut dapat membuat keadaan Anda makin memburuk akibat penyempitan di tenggorokan yang bisa menyebabkan Anda kesulitan bernapas. Menurut dokter, lebih baik bila Anda tidur dengan posisi miring karena saluran napas akan lebih terbuka sehingga dapat mengurangi dengkuran.

Bagi penderita asam lambung disarankan untuk tidur dengan posisi miring satu sisi saja. Menurut hasil beberapa penelitian, tidur dengan posisi miring sebelah kiri dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Para dokter juga menyarankan bagi ibu hamil untuk tidur miring, terutama pada sisi kiri. Hal ini bertujuan agar asupan nutrisi dan darah bisa mencapai bayi. Tambahkan pula bantal di bawah perut supaya dapat mengurangi rasa nyeri punggung.