Posisi Tidur Yang Nyaman Untuk Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Ibu hamil sering mendapatkan banyak masalah selama kehamilan. Terkadang ibu hamil tidak bisa tidur dengan nyenyak selama kehamilan. Jika anda tidak bisa mendapatkan waktu istirahat yang baik, anak anda juga dalam keadaan yang berbahaya. Oleh karena itu, ibu harus punya waktu istirahat yang baik sehingga anak anda akan dalam keadaan yang baik-baik saja.



Berikut tips posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil:

• Trimester pertama
Pada trimester pertama, karena perut Anda masih belum terlalu besar dan berat badan belum bertambah banyak, Anda masih bisa tidur nyaman dalam posisi apa pun. Entah itu terlentang, miring, atau agak tengkurap.

• Trimester kedua dan ketiga
Selama kehamilan trimester kedua, posisi tidur terbaik adalah dengan miring dan meletakkan bantal di antara lutut untuk menyangga kaki dan mengurangi nyeri di paha serta punggung belakang bawah.

Tidur dengan posisi miring bergantian antara ke kiri dan kanan bisa mengurangi tekanan pada bagian serviks serta membiarkan lebih banyak aliran darah dan nutrisi bagi janin.

Jika Anda mengalami nyeri punggung belakang bagian bawah, sebaiknya gunakan posisi tidur yang sama tapi beri bantal tambahan di bawah perut untuk menyangga dan juga di bagian punggung agar Anda merasa lebih nyaman.

BACA JUGA : Benarkah Aspartame Menyebabkan Kanker, Pengerasan otak atau Sumsum Tulang?