Posisi Tidur yang Mempengaruhi Kesehatan

Doktersehat.com – Posisi tidur menurut orang semua sama aja, walaupun tenkurap atau yang lainnya tidak ada efeknya. Tapi menurut orang yang ngomong seperti itu adalah salah besar.



Kebiasaan tidur sebenarnya sangat mempengaruhi kesehatan apalagi buat cewek, mempengaruhi kecantikan wajahnya. Apabila kebiasanya tidur anda tidak baik, sebaiknya mulailah untuk merubah kebiasaan tidur anda dengan yang benar.

Posisi yang bagus yaitu tidur dengan posisi terlentang dan gunakanlah bantal yang tidak terlalu tinggi agar lebih nyaman. Posisi ini dianggap posisi yang sempurna di karenakan badan berada di posisi yang rileks.

Ada juga posisi miring, sebenarnya posisi ini tidaklah di anggap jelek. Tetapi sebaiknya janganlah sering menggunkan posisi ini terus menerus. Posisi miring yang menurut dokter baik ialah posisi miring ke kanan karena posisi ini tidak menekan pada jantung anda.

Apabila anda menggunakan posisi tengkurap, maka anda adalah menggunkan posisi tidur yang sangat salah dan jelek. karena posisi ini menekan lengkungan tulang punggung yang menyebabkan otot-otot tetap tegang selama tidur. Selain itu tengkurap bisa membuat wajah anda sembab dan mata merah karena dada dan jantung tertekan
Jika kita bertanya pada Patricia Farris, MD, asisten profesor klinis bidang dermatologi di Tulane University School of Medicine, mengenai bagaimana posisi tidur yang terbaik, Farris akan menjawab, posisi terlentang lebih baik ketimbang tengkurap. Sebab, posisi tengkurap atau menyamping dapat berpengaruh pada pembentukan kerutan pada wajah dan mata. Posisi ini bisa menimbulkan goresan atau garis yang membekas permanen pada kulit.

Lalu bagaimana jika kita sudah terbiasa untuk tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping? Coba ganti sarung bantal dengan bahan dari satin. Tekstur kain satin yang halus seperti sutera dapat membebaskan kulit wajah dari kerutan. Lalu, pakai juga selimut agar kita lebih rileks dan suhu tubuh selalu hangat. Kondisi ini akan membuat tidur kita lebih berkualitas sehingga kerja hormon melatonin makin efektif bagi kulit.

Baca Juga:  Tak Selamanya Lemak Perut Itu Jahat

Selain posisi tidur, kita juga harus memperhatikan bantal yang kita gunakan. Usahakan posisi kepala lebih tinggi daripada jantung saat tidur. Tujuannya, agar ketika bangun, mata tidak terlihat bengkak. “Posisi kepala yang sejajar dengan jantung saat tidur, akan membuat aliran darah mengumpul pada wajah,” Farris melengkapi.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan posisi tidur yang benar ini. Setelah itu, lihat bagaimana perubahan kulit wajah kita.

Sumber : kompas.health.com & wartabeta.com