Posisi Tidur yang Aman dan Berbahaya Saat hamil

DokterSehat.com – Seiring bertambah besarnya perut, ibu hamil terkadang bingung menentukan posisi tidur yang tepat. Sebagian besar ibu hamil merasa khawatir bila posisi tidur yang salah dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Untuk memudahkan ibu hamil dalam menentukan posisi tidurnya, berikut ini berbagai posisi tidur yang aman dan tidak aman bagi janin dalam kandungan:



1. Posisi Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Namun, setelah trimester pertama biasanya payudara akan membesar dan rangsang payudara pun menjadi lebih sensitif sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi ibu. Tidur tengkurap menjadi tidak nyaman pada usia kehamilan sekitar 14 minggu dimana perut sudah mulai membesar sehingga Anda harus mengganjal bantal di paha supaya dapat tidur tengkurap.

2. Posisi Terlentang

Setelah usia kehamilan menginjak 16 minggu ibu hamil tidak dianjurkan untuk tidur terlentang sebab posisi ini akan meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang, vena cava inferior, dan usus. Tidur dengan posisi terlentang juga bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan, sakit pinggang, wasir, mengganggu pernapasan, dan sirkulasi.

Pada trimester kedua dan ketiga posisi tidur terlentang juga bisa mempengaruhi tekanan darah. Dalam beberapa kasus posisi ini bisa mengakibatkan penurunan darah atau  malah meningkatkan tekanan darah. Kehamilan yang disertai tekanan darah tinggi tidak disarankn tidur dengan posisi terlentang.

3. Posisi Miring

Tidur menyamping ke kiri merupakan posisi yang paling direkomendasikan dokter saat perut makin membesar. Posisi ini dapat menghindarkan bayi dari tekanan organ dalam ibu seperti hati yang terletak di bagian sebelah kanan. Selain itu, posisi ini juga dapat melancarkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta bayi dan mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah jantung. Keuntungan juga dapat dirasakan ibu antara lain membantu ginjal membuang sisa metabolisme dan cairan dari ibu. Alhasil, ibu terhindar dari pembengkakan pada kaki, pergelangan tangan, dan kaki. Agar lebih nyaman letakkan bantal di antara dengkul dan letakan satu di punggung Anda.

Baca Juga:  Ini Dia Penyebab Menumpuknya Lemak Diperut

4. Bersandar

Jika tidak bisa tidur menyamping, Anda bisa mencoba tidur bersandar pada bantal yang ditinggikan. Tidur akan lebih nyaman lagi bila menaruh beberapa bantal di bawah lutut.