Posisi Tidur Terbaik Untuk Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Pasangan yang sudah menikah tentu akan mendambakan anak sebagai pelengkap kebahagiaan. Saat sang istri hamil, tentu kebahagiaan pasangan meningkat karena menunggu kelahiran si buah hati. Hanya saja kebahagiaan ini juga disertai dengan rasa cemas dan kehati-hatian dalam menjaga kesehatan si ibu hamil. Berbagai asupan makanan bergizi pun disediakan bagi ibu hamil, disamping itu, porsi istirahat dan bahkan posisi tidur pun akan diperhatikan dengan benar. Ibu hamil tidak bisa lagi tidur dengan posisi sembarangan agar kehamilan tetap dalam kondisi sehat. Bagaimanakah posisi tidur terbaik bagi ibu hamil?



Posisi tidur tengkurap sering dianggap sebagai posisi yang kurang aman bagi ibu hamil mengingat posisi ini tentu akan menekan bagian perut. Namun, banyak pakar kehamilan justru cukup aman bagi ibu hamil. Namun, seiring dengan semakin membesarnya ukuran perut, ibu hamil biasanya cenderung akan menghindari posisi ini karena merasa tidak nyaman. Disamping ukuran perut, area payudara ibu hamil yang semakin membesar dan sensitif tentu akan tidak nyaman dalam posisi tidur tengkurap.

Posisi tidur terlentang sering dianggap sebagai yang paling aman bagi ibu hamil. Namun, biasanya, setelah minggu ke 16, posisi tidur terlentang ini tidak begitu direkomendasikan bagi ibu hamil. Posisi ini akan membuat posisi rahim mengalami penekanan beban ke bagian belakang. Pada trimester kedua dan ketiga, posisi tidur terlentang juga dapat membuat area pencernaan dan pinggang mudah merasa sakit. Disamping itu, posisi tidur terlentang ini juga sangat tidak direkomendasikan bagi ibu hamil dengan tekanan darah tinggi.

Saat kehamilan mencapai minggu ke 16, ada baiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke arah kiri. Posisi ini dapat membuat bayi mendapatkan alirah darah dan nutrisi dengan maksimal. Posisi tidur miring ke arah kanan juga tidak menjadi masalah karena masih dianggap aman bagi ibu hamil. Namun, untuk memastikan bahwa posisi tidur terasa sangat nyaman, maka ada baiknya ibu hamil meletakkan bantal di antara punggung dan juga lutut.